Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS

Konsisten Terapkan Sistem Manajemen Inovasi, Bank Mandiri Raih ISO 56002 Kitemark

Kompas.com - 15/05/2024, 11:45 WIB
Inang Sh ,
Mikhael Gewati

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Bank Mandiri berhasil meraih sertifikasi ISO 56002 Kitemark atas penerapan sistem manajemen inovasi yang telah sesuai dengan standar internasional.

Direktur Keuangan dan Strategi Bank Mandiri Sigit Prastowo mengatakan, sertifikasi itu bukan karena Bank Mandiri baru mulai berinovasi, tetapi karena konsisten melakukannya. 

Dia menyebutkan, Bank Mandiri mengeksplorasi potensi dan mencoba hal-hal baru yang transformatif, baik dari segi pelayanan, digitalisasi, maupun produk yang dikembangkan, seperti Livin’, Kopra, dan Smart Branch. 

Sigit mengatakan, pihaknya senantiasa meningkatkan pelayanan agar sesuai dengan kebutuhan pelanggan.

Baca juga: Pospek Kinerja Membaik, Bank Mandiri Raih Peringkat AAA dengan Outlook Stabil dari Fitch Ratings

Menurutnya, tidak ada jalan pintas dalam berinovasi sehingga Bank Mandiri percaya pada kekuatan transformasi berkelanjutan. 

“Setiap langkah yang kami ambil, baik dalam digitalisasi maupun pengembangan produk, adalah upaya kami untuk tetap relevan dan unggul di industri keuangan,” ujarnya dalam keterangan pers, Rabu (15/5/2024).

Sigit mengatakan, budaya inovasi di Bank Mandiri juga mampu mendorong perusahaan untuk mencatatkan kinerja yang luar biasa baik. 

Bank Mandiri juga memanfaatkan keunggulannya sebagai wholesale bank terbesar dan dengan pengalaman selama puluhan tahun bersama korporasi-korporasi besar di Indonesia untuk berinovasi.

Hal itu dilakukan dengan menghadirkan pendekatan solusi berbasis ekosistem yang bersifat unik dari masing-masing korporasi tersebut.

Baca juga: Forbes Nobatkan Bank Mandiri sebagai Salah Satu World´s Best Bank 2024

Sigit mengatakan, inovasi dilakukan secara menyeluruh dan mencakup pengembangan talenta yang bersifat strategis, penguatan core banking system, pengembangan culture “Mandirian siap jadi digital”, dan optimalisasi point of sales Bank Mandiri agar semakin terkoneksi antara online dengan offline

Inovasi jawab kebutuhan pelanggan

Budaya inovasi itu pun mendorong Bank Mandiri dapat hadir lebih cepat menjawab kebutuhan pelanggan, seperti super app Livin’ by Mandiri.

Aplikasi tersebut hadir dengan lebih dari 100 fitur layanan dalam kurun waktu kurang dari dua tahun.

Hal tersebut menjadikan Livin’ sebagai aplikasi perbankan dengan penambahan dan pengembangan fitur yang tergolong sangat cepat atau tidak kalah dengan financial technology (fintech).

Livin’ pun memanjakan pengguna yang kini mencapai lebih dari 24 juta dalam waktu yang singkat tersebut melalui fitur-fitur unggulannya.

Baca juga: Bank Mandiri Komitmen untuk Terapkan Prinsip ESG dalam Operasionalnya

Sigit menuturkan, keunggulan-keunggulan tersebut tercermin pula dengan sangat baik pada kinerja bank dari waktu ke waktu. 

Halaman:
Baca tentang


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com