Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

InJourney Group Dukung Kelancaran Ibadah Waisak

Kompas.com - 15/05/2024, 20:50 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) atau Injourney Group mendukung kelancaran ibadah Waisak.

Ini diwujudkan melalui Taman Mini Indonesia Indah (TMII) yang dikelola InJourney Destination Management (PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko) menjadi lokasi terselenggaranya prosesi pelepasan Bhikkhu Thudong yang akan melakukan perjalanan spiritual menuju Candi Borobudur menjelang perayaan Hari Tri Suci Waisak 2568 BE.

Acara yang berlangsung pada Selasa (14/5/2024) ini merupakan bagian dari komitmen InJourney Group dalam mengembangkan aktivitas spiritual dengan mengusung konsep harmonisasi dan nilai kebhinekaan bangsa Indonesia.

Baca juga: Pelepasan Lampion Waisak, InJourney Targetkan 50.000 Pengunjung di Candi Borobudur

Seremonial pelepasan 40 Bhikku Thudong Perayaan Waisak 2024 di Gedung  Sasono Utomo, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur, Selasa (14/5/2024). Kompas.com/Suci Wulandari Putri Seremonial pelepasan 40 Bhikku Thudong Perayaan Waisak 2024 di Gedung Sasono Utomo, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur, Selasa (14/5/2024).

Secara seremonial, para Bhikkhu Thudong menerima penyerahan simbolis bendera merah putih, bendera majelis Buddha, dan roda Dharma.

Prosesi ini diiringi doa dari enam agama di area Promenade TMII, mencerminkan harmonisasi nilai-nilai spiritual dan memperkuat rasa persaudaraan serta kebhinekaan bangsa Indonesia. Acara diakhiri dengan prosesi Fang Shen atau pelepasan burung merpati sebagai simbol perdamaian abadi serta larung lentera harapan yang dilakukan di Danau Archipelago.

Direktur Pemasaran dan Program Pariwisata InJourney, Maya Watono, mengungkap alasan TMII dipilih jadi titik awal ritual Thudong 40 Bhikkhu tersebut.

Menurutnya, lokasi ini dipilih karena sarat akan nilai budaya dan lambang kebhinekaan serta keragaman Indonesia.

Baca juga: InJourney: Bergabungnya Garuda Indonesia Bakal Ciptakan Ekosistem Terintegrasi

"TMII merupakan aset warisan Indonesia di bawah InJourney. Dari TMII nanti 40 Bhikkhu berjalan menuju Candi Borobudur, jadi ada nilai-nilai spritual yang signifikan dalam perjalanan tersebut," ungkap Maya dalam keterangan tertulis, Rabu (15/5/2024).

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com