Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Emiten Pelayaran ELPI Bakal Tebar Dividen Tunai Rp 46,69 Miliar

Kompas.com - 16/05/2024, 10:00 WIB
Kiki Safitri,
Aprillia Ika

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Emiten pelayaran PT Pelayaran Nasional Ekalya Purnamasari Tbk (ELPI) berencana membagikan dividen tunai sebesar Rp 46,69 miliar. Hal ini disetujui dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) Rabu (15/5/2024).

“RUPST menyetujui pembagian dividen tunai sebesar Rp 46,69 miliar dari laba bersih tahun buku 2023,” kata Sekretaris Perusahaan Pelayaran Nasional Ekalya Purnamasari Wawan Heri Purnomo di Jakarta, Rabu (15/5/2024).

Wawan mengungkapkan, setiap pemegang saham akan menerima dividen sebesar Rp 6,3 per saham. Jumlah tersebut setara dengan 30 persen dari total laba bersih ELPI pada tahun 2023.

"Peningkatan jumlah dividen ini sejalan dengan lonjakan laba bersih yang kami capai sepanjang tahun 2023," ujar Wawan.

Baca juga: Berkah Ekspansi ke Luar Negeri, Emiten Pelayaran ELPI Cetak Pendapatan Rp 1,07 Triliun Sepanjang 2023

Sepanjang 2023, ELPI membukukan laba bersih sebesar Rp 155,85 miliar atau meningkat 55 persen dibandingkan laba tahun 2022 sebesar Rp 103,74 miliar.

Sebagai perbandingan, pada tahun lalu ELPI membagikan dividen sebesar Rp 30,93 miliar dari laba tahun buku 2022, dengan setiap pemegang saham menerima dividen Rp 4,18 per saham.

Selain pembagian dividen, Wawan menjelaskan bahwa sekitar 10 persen dari laba bersih tahun buku 2023 akan dicadangkan. Sisanya akan dicatat sebagai laba ditahan untuk mendukung ekspansi dan pengembangan usaha di masa depan.

Baca juga: ASD 2024 Soroti Tantangan di Industri Pelayaran

Strategi bisnis

Wawan mengatakan, pihaknya akan fokus pada pertumbuhan dan penguatan operasional di industri pelayaran. Secara bisnis, ELPI juga akan meningkatkan efisiensi dan mengembangkan armada kapal ramah lingkungan.

“Fokus utama pada 2024 adalah konsolidasi operasi dan investasi pada kapal-kapal baru yang mendukung sektor energi, khususnya batubara dan minyak serta gas,” ungkap dia.

Dia bilang, pihaknya juga akan melakukan efisiensi dalam pengangkutan batubara dari tambang ke pelanggan. Penggabungan beberapa fungsi juga akan mengurangi kebutuhan jumlah karyawan, yang diharapkan dapat mengurangi pengeluaran.

Baca juga: Gencar Ekspansi, ELPI Bidik Potensi Tiga Wilayah Kerja di Malaysia

 


Direktur Utama ELPI Eka Taniputra mengatakan, pihaknya tetap berkomitmen melanjutkan operasi seperti tahun 2023, dengan divisi offshore di Malaysia yang beroperasi dengan baik.

“Tahun ini, perusahaan merencanakan investasi sebesar Rp 1 triliun untuk pengembangan kapal baru,” jelas Eka.

Selain itu, ELPI juga telah merencanakan pembangunan tiga unit kapal baru, dengan satu kapal sudah tiba di Malaysia akhir minggu lalu. Dua kapal lainnya ditargetkan siap pada pertengahan dan akhir tahun ini untuk mendukung operasi di luar negeri.

Halaman:


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com