Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Prabowo Yakin Ekonomi RI Tumbuh 8 Persen, Standard Chartered: Bisa, tapi PR-nya Banyak...

Kompas.com - 17/05/2024, 06:00 WIB
Agustinus Rangga Respati,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden terpilih Prabowo Subianto percaya diri pertumbuhan ekonomi Indonesia dapat mencapai angka 8 persen dalam kurun waktu 2 sampai 3 tahun ke depan.

Standard Chartered Bank Indonesia (SCBI) mengatakan, salah satu faktor yang dapat mendukung target pertumbuhan ekonomi 8 persen tersebut adalah kepastian hukum. Ini penting untuk mendukung rantai pasok.

Cluster CEO, Indonesia and ASEAN Markets (Australia, Brunei and The Philippines) Standard Chartered Bank Indonesia Rino Donosepoetro mengatakan, hal lain yang perlu dilakukan misalnya adalah perbaikan pada beberapa sektor seperti industri makanan dan bio diesel.

"(Target pertumbuhan ekonomi) 8 persen apakah kita bisa mencapai di sana, jawabannya selalu pasti bisa, tetapi memang PR-nya banyak," kata dia dalam media round table bersama Standard Chartered Indonesia, Kamis (16/5/2024).

Baca juga: Prabowo Pede Pertumbuhan Ekonomi Capai 8 Persen, ADB: Berat...

Ia menambahkan, Indonesia juga perlu lebih banyak terlibat dalam rantai pasok global (global supply chain) dengan penyesuaian kebijakan agar investasi semakin kondusif.

"Kita bicaranya itu end-to-end, kita tidak dapat berpikir untuk mendapatkan misalnya A to Z dari misalnya Tesla. Oke kita bikin di Indonesia saja dari A sampai Z-nya. Tidak mungkin kan. Kita pasti mungkin bagian mananya, tidak apa-apa, kita ambil dulu," imbuh dia.

Baca juga: Prabowo Yakin Pertumbuhan Ekonomi Capai 8 Persen di 3 Tahun Pemerintahannya

PR "menggenjot" investasi

Sementara itu, ekonom senior Standard Chartered Bank Indonesia Aldian Taloputra menuturkan, untuk mencapai tersebut memang ada banyak pekerjaan rumah (PR) yang perlu dikerjakan.

Salah satu hal yang perlu ditingkatkan adalah tingkat konsumsi masyarakat. Hal tersebut pertama-tama dapat dilakukan dengan menggaet investor untuk membuka lapangan pekerjaan di dalam negeri.

"PR-nya menurut saya masih banyak, kalau (pertumbuhan ekonomi) 8 persen itu artinya mungkin konsumsi harus lebih dari angka tersebut. Artinya, pertama lapangan pekerjaan harus besar, artinya investasi harus kencang," kata dia.

Baca juga: Pertumbuhan Ekonomi RI 5,11 Persen Dinilai Belum Maksimal

Prabowo yakin pertumbuhan ekonomi RI tembus 8 persen

Sebelumnya, presiden terpilih Prabowo Subianto meyakini bisa meraih pertumbuhan ekonomi sampai 8 persen pada usia 2 sampai 3 tahun pemerintahannya kelak.

"Saya sangat yakin. Saya sudah dialog dengan para pakar. Saya mempelajari angka-angkanya. Saya sangat yakin kami akan dengan sangat mudah meraih pertumbuhan ekonomi sebesar 8 persen, dan saya akan berusaha keras melampauinya," kata Prabowo dalam dialog di ajang Forum Ekonomi Qatar di Doha, Qatar, seperti dikutip dari kanal YouTube, Kamis (16/5/2024).

"Saya memperkirakan itu terjadi dalam 2 sampai 3 tahun," imbuh Prabowo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com