BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Bank Mandiri

Seberapa Penting Layanan Wealth Management untuk Pebisnis?

Kompas.com - 17/05/2024, 10:56 WIB
Yogarta Awawa Prabaning Arka,
Agung Dwi E

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Mengelola bisnis dan sekaligus keuangan pribadi boleh jadi bukanlah pekerjaan mudah. Di satu sisi, bisnis perlu terus dikembangkan mengikuti dinamika pasar agar tetap berkelanjutan.

Di sisi lain, aset dan kekayaan pribadi yang didapat dari berbisnis perlu diatur dengan baik supaya terakumulasi secara optimal. Bila tidak dikelola dengan baik, aset bisa saja berkurang atau bahkan lenyap.

Sebagai contoh, jika pebisnis salah menempatkan aset di portofolio tertentu, nilai asetnya bisa saja berkurang drastis akibat fluktuasi harga.

Oleh karena itu, pengelolaan kekayaan perlu dilakukan secara tepat selayaknya bisnis. Akan tetapi, pengelolaan kekayaan tidak boleh mengganggu kinerja pebisnis dalam mengelola usahanya. Nah, itulah yang menjadi tantangan dan pekerjaan beratnya.

Baca juga: Bank Mandiri: Suku Bunga Acuan Belum Akan Turun dalam Waktu Dekat

Agar keduanya bisa dikelola dengan baik, pebisnis bisa mempertimbangkan penggunaan layanan wealth management. Wealth management merupakan solusi finansial yang disediakan bank untuk membantu nasabah mengelola dan mengoptimalkan kekayaan.

Melalui layanan wealth management, pebisnis bisa merencanakan keuangan secara menyeluruh, termasuk pertumbuhan investasi, perlindungan aset, dan perencanaan pensiun, dengan bantuan relationship manager berpengalaman.

Wealth management memiliki berbagai fitur utama, seperti manajemen portofolio, perencanaan keuangan, konsultasi, serta akses ke berbagai produk keuangan eksklusif.

Wealth management dari Bank Mandiri

Salah satu perbankan yang memiliki layanan wealth management adalah Bank Mandiri. Bank pelat merah ini memiliki dua segmen nasabah kelolaan, yakni Mandiri Prioritas dan Mandiri Private.

Mandiri Prioritas merupakan layanan eksklusif Bank Mandiri bagi nasabah yang melakukan penempatan dana minimal Rp 1 miliar. Sementara itu, Mandiri Private, untuk nasabah yang memiliki saldo minimal Rp 20 Miliar. Kedua layanan ini memiliki berbagai fitur eksklusif khusus untuk nasabah.

1. Dedicated relationship manager

Bank Mandiri menyediakan relationship manager untuk nasabah Mandiri Prioritas dan Mandiri Private secara eksklusif. Relationship manager bertugas memberikan advisory terhadap kebutuhan finansial, investasi, dan bisnis nasabah.

Selain membantu merencanakan strategi investasi, relationship manager juga memberikan saran yang terukur terkait pengelolaan aset dan keuangan secara menyeluruh. Mereka memberikan solusi sesuai profil risiko, preferensi investasi, tujuan finansial, serta kebutuhan nasabah.

2. Menyediakan solusi terintegrasi

Sebagai bagian Mandiri Group, Bank Mandiri memiliki berbagai unit bisnis dan anak perusahaan di berbagai sektor industri.

Baca juga: Forbes Nobatkan Bank Mandiri sebagai Salah Satu World´s Best Bank 2024

Kolaborasi unit bisnis dan perusahaan anak Bank Mandiri memberikan solusi yang lebih holistik bagi nasabah. Nasabah dapat mengakses layanan perbankan, kredit dan pembiayaan, asuransi, serta investasi dari Bank Mandiri dengan mudah dalam satu pintu. Selain itu, beragam solusi bisnis yang dihadirkan dapat membantu nasabah mengembangkan bisnis.

3. Akses eksklusif

Nasabah Mandiri Prioritas dan Mandiri Private juga mendapatkan akses ke berbagai keistimewaan eksklusif. Sebut saja akses fasilitas premium penjemputan bandara, airport lounge, jasa konsultasi kesehatan dan pendidikan, beragam promo menarik dengan kartu debit dan kartu kredit, beragam aktivitas golf, serta undangan ke berbagai acara eksklusif lainnya.

4. Pilihan produk investasi lengkap

Bank Mandiri Wealth Management menyediakan berbagai ragam pilihan produk investasi yang sesuai kebutuhan dan profil risiko nasabah.

Produk investasi yang tersedia antara lain reksa dana, obligasi, bancassurance, layanan retail brokerage, structured product, serta berbagai alternatif investasi lainnya yang tersedia di dalam dan luar negeri.

Baca juga: Bank Mandiri Komitmen untuk Terapkan Prinsip ESG dalam Operasionalnya

Dengan ragam produk investasi yang tersedia dan advisory dari dedicated relationship manager, nasabah dapat melakukan diversifikasi portofolio sesuai preferensi dan tujuan investasi.

5. Kemudahan akses

Layanan Mandiri Prioritas dan Mandiri Private yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia memudahkan nasabah untuk mendapatkan layanan finansial secara langsung tanpa perlu melakukan perjalanan jauh.

Selain itu, kemudahan tersebut juga memberikan nilai tambah bagi nasabah yang membutuhkan pelayanan cepat dan efisien.

6. Digitalisasi transaksi dan investasi

Seiring perkembangan teknologi, Bank Mandiri terus beradaptasi dengan digitalisasi. Salah satunya dengan menghadirkan platform Livin' by Mandiri untuk kebutuhan personal dan Kopra' by Mandiri untuk keperluan bisnis nasabah.

Melalui Livin’ by Mandiri, nasabah bisa membuka rekening, melakukan transaksi perbankan, mengakses informasi keuangan, mengelola keuangan, serta berinvestasi melalui satu aplikasi.

Sementara itu, nasabah bisa melakukan pembayaran tagihan bisnis, transaksi trade finance dan valuta asing, layanan custodian, layanan cash management, aktivasi data tagihan, serta kemudahan memproses transaksi penerimaan pembayaran bisnis melalui Kopra’ by Mandiri.

Kedua layanan digital tersebut bertujuan mempermudah mobilisasi serta transaksi nasabah.

Berkat layanan eksklusif dan premium yang diberikan, setiap tahunnya wealth management dari Bank Mandiri mendapatkan sejumlah penghargaan dari berbagai institusi domestik dan internasional.

Untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai layanan wealth management dari Bank Mandiri, Anda bisa klik tautan ini.

Baca tentang

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com