Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gelar RUPST, KLBF Tebar Dividen dan Rencanakan "Buyback" Saham

Kompas.com - 17/05/2024, 12:30 WIB
Filipi Jhonatan Partogi Situmorang,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – PT Kalbe Farma Tbk (Kalbe atau Perseroan) menggelar Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) yang berlangsung di Gedung Kalbe Business Innovation Center, Pulogadung, Jakarta, pada Kamis (16/5/2024).

Dalam RUPST ini, Kalbe Farma berhasil memperoleh persetujuan pemegang saham atas beberapa keputusan penting, termasuk pembayaran dividen dan pelaksanaan buyback saham.

Presiden Direktur PT Kalbe Farma Tbk, Irawati Setiady, mengungkapkan bahwa pemegang saham telah menyetujui pembagian dividen tunai.

"Sejalan dengan komitmen Kalbe untuk memberikan nilai yang optimal bagi pemegang saham, Kalbe merencanakan pembayaran dividen sebesar 52 persen terhadap laba bersih tahun 2023. Hal ini sesuai dengan kebijakan dividen Perusahaan dengan rasio 45 persen hingga 55 persen terhadap laba bersih," kata Irawati dalam acara tersebut.

Dari total laba bersih tahun 2023, Kalbe akan membagikan dividen tunai sebesar Rp1,4 triliun atau setara Rp 31 per saham.

Sesuai dengan peraturan pasar modal yang berlaku, pembayaran dividen akan dilakukan dalam waktu selambat-lambatnya 30 hari setelah pengumuman hasil RUPST, dengan jadwal dan tata cara yang akan segera diumumkan.

Baca juga: Kimia Farma dan Kalbe Teken Kerja Sama Dorong Layanan Kesehatan Online-Offline

Selain itu, dalam rangka menjaga dan mendukung harga saham Kalbe di tengah ketidakpastian pasar modal, Perseroan juga mendapatkan persetujuan untuk melaksanakan aksi korporasi pembelian kembali saham (buyback) dengan nilai maksimal Rp1 triliun dan harga maksimal Rp1.600 per lembar.

Buyback ini akan dilakukan dalam periode 16 Mei 2024 hingga 15 Mei 2025.

"Perseroan juga telah menganggarkan program buyback dengan nilai maksimal Rp1 triliun untuk memberikan dukungan terhadap harga saham Kalbe dalam kondisi pasar modal yang masih diliputi ketidakpastian, selain mencerminkan keyakinan manajemen terhadap fundamental Kalbe yang kuat," tambah Irawati.

Baca juga: Kalbe Farma Bidik Pertumbuhan Laba Bersih hingga 15 Persen pada 2023


Kalbe Farma tetap optimistis untuk terus bertumbuh di tengah kondisi pasar yang masih cukup menantang.

Dengan fundamental yang kuat dan memanfaatkan peluang reformasi sektor kesehatan melalui berbagai inisiatif bisnis, Perseroan mempertahankan target tahun 2024 dengan pertumbuhan penjualan pada kisaran 6-7 persen, pertumbuhan laba bersih pada kisaran 13 persen hingga 15 persen, serta belanja modal maksimal Rp1 triliun.

RUPST yang diadakan pada hari ini tidak hanya menjadi momentum bagi pemegang saham untuk mendapatkan hak mereka, tetapi juga menegaskan komitmen Kalbe Farma dalam menjaga kinerja perusahaan di tengah tantangan pasar.

"Kami tetap optimis dengan berbagai inisiatif bisnis yang telah direncanakan, serta berkomitmen untuk terus memberikan nilai tambah bagi para pemegang saham," tutup Irawati Setiady.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com