Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Akuisisi Bank Nobu oleh Hanwa Life, OJK: Calon Investor Perlu Mendapatkan Persetujuan

Kompas.com - 19/05/2024, 20:14 WIB
Agustinus Rangga Respati,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menjelaskan, rencana akuisisi PT Bank Nationalnobu Tbk (NOBU) alias Nobu Bank oleh perusahaan asuransi jiwa asal Korea Selatan Hanwa Life merupakan aksi korporasi terpisah dari rencana konsolidasi perbankan dengan PT Bank MNC Internasional Tbk (BABP).

Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan OJK Dian Ediana Rae mengatakan, OJK belum mendapatkan pengajuan secara tertulis atas rencana akuisisi dimaksud.

"Proses akuisisi atau pengambilalihan memerlukan waktu yang tidak sebentar karena calon investor perlu mendapatkan persetujuan OJK terlebih dahulu," kata dia dalam keterangan resmi, dikutip Minggu (19/5/2024).

Baca juga: Kelanjutan Merger Bank MNC dan Nobu Bank di Tengah Akuisisi Hanwa Life

Ia menerangkan, aturan yang tertuang dalam POJK No. 41/POJK.03/2019 tentang Penggabungan Peleburan Pengambilalihan Integrasi dan Konversi Bank Umum (POJK P3IK) itu dimulai dengan tahap pendahuluan yaitu melakukan fit and proper test (FPT) terhadap calon pemegang saham pengendali (PSP) sebagai pihak yang akan mengambil alih bank.

Hal itu juga termasuk perizinan dan pelaksanaan pengambilalihan sebagaimana diatur dalam POJK No.27/POJK.03/2016 tentang Penilaian Kepatutan dan Kemampuan bagi Pihak Utama Lembaga Jasa Keuangan (POJK PKK) dan POJK P3IK.

Sehubungan dengan hal tersebut, Diam bilang, OJK akan mengkomunikasikan hal-hal yang perlu ditindaklanjuti oleh manajemen Bank Nobu terkait dengan kebijakan OJK tersebut.

"Mengenai perubahan kepemilikan bank umum yang mengubah pemegang saham pengendali bank," imbuh dia.

Sebagai informasi, Hanwa Life melakukan aksi akuisisi 40 persen saham Bank Nobu di tengah aksi merger dengan Bank MNC yang telah lebih dulu diketahui.

Saat ini, Nobu Bank dimiliki oleh Lippo Group melalui beberapa entitas usaha yang secara total mengambil porsi sampai 75 persen dari saham perbankan.

Sebagai informasi, isu merger antara MNC Bank dan Nobu Bank sudah muncul ke permukaan sejak 2023.

Adapun, kedua bank ini sama-sama dimiliki oleh konglomerat, yaitu Bank MNC dimiliki oleh Hary Tanoesoedibjo dan Bank Nobu dimiliki James Riady.

Sebelumnya, OJK menargetkan proses merger Bank MNC dan Bank Nobu akan rampung Juni 2024.

Baca juga: Hanwha Life Akuisisi 40 Persen Saham Nobu Bank

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com