Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

LPS Buka Kantor Perwakilan di Makassar, Ini Pertimbangannya

Kompas.com - 19/05/2024, 21:15 WIB
Agustinus Rangga Respati,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) membuka Kantor Perwakilan LPS III yang berlokasi di Makassar dalam rangka peningkatan pelayanan dan kepercayaan masyarakat.

Ketua Dewan Komisioner LPS Purbaya Yudhi Sadewa menjelaskan, pemilihan Makassar sebagai salah satu lokasi kantor perwakilan LPS didasari pertimbangan, Makassar merupakan salah satu daerah penyokong pertumbuhan ekonomi Sulawesi secara umum.

Menurut dia, Makassar merupakan salah satu daerah dengan tingkat pertumbuhan ekonomi yang baik. Hal ini terlihat pertumbugan ekonomi Sulawesi Selatan pada triwulan I-2024 sebesar 4,82 persen secara tahunan (yoy).

Baca juga: Punya Aset Rp 224,66 Triliun, LPS Siap Jamin Klaim Simpanan Bank Tutup

Hal tersebut berbanding lurus dengan pertumbuhan Dana Pihak Ketiga (DPK) di Sulawesi Selatan per Februari 2024 yang mencapai 8,42 persen secara tahunan (yoy) dengan nominal sebesar Rp 127,19 triliun dan didukung dengan aset perbankan mencapai Rp 190,95 triliun terdiri dari aset Bank Umum sebesar Rp 187,30 triliun dan aset BPR sebesar Rp 3,65 triliun.

“Dengan dibukanya Kantor Perwakilan LPS di Makassar, anggota Komite Stabilitas Sistem Keuangan di Provinsi Sulawesi Selatan sudah lengkap yang beranggotakan Kementerian Keuangan, Bank Indonesia, Otoritas Jasa Keuangan dan Lembaga Penjamin Simpanan,” ujar Purbaya dalam keterangan resmi, dikutip Minggu (19/5/2024).

Sementara itu, Staf Ahli Gubernur Bidang Keuangan Since Erna Lamda mengatakan, kehadiran LPS di Makassar merupakan bukti nyata LPS dalam memberikan perlindungan dan stabilitas sistem keuangan di Indonesia, khususnya di wilayah Sulawesi Selatan.

"LPS memiliki peran penting dalam menjaga stabilitas sistem keuangan melalui berbagai program, salah satunya adalah program penjaminan simpanan nasabah perbankan, hal ini tentu akan meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap sistem keuangan dan mendorong masyarakat untuk menabung di bank," ungkap dia.

LPS menunjuk Fuad Zaen menjadi Kepala Kantor Perwakilan LPS III yang berlokasi di Makassar dengan cakupan wilayah kerja yang meliputi seluruh Sulawesi, Maluku, dan Papua.

Sebagai informasi, alamat Kantor Perwakilan LPS di Makassar ialah di Graha Pena, (Pena Hall) lt 1. Jl. Urip Sumoharjo No. 20 Kota Makassar

Asal tahu saja, selain Kantor Perwakilan LPS III di Makassar, pada tahun ini LPS juga akan membuka kantor perwakilan di dua daerah lainnya yaitu Kantor Perwakilan LPS I di Medan, dan Kantor Perwakilan LPS II di Surabaya.

Baca juga: Bayar Klaim Simpanan 10 BPR Bangkrut, LPS Kucurkan Rp 237 Miliar per April 2024

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com