Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Investasi Rp 10 Miliar, Emiten Perhotelan KDTN Siap Ekspansi Bisnis Hotel Rest Area

Kompas.com - 20/05/2024, 18:00 WIB
Kiki Safitri,
Aprillia Ika

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Emiten perhotelan PT Puri Sentul Permai Tbk (KDTN), berencana melakukan ekspansi bisnis untuk mendorong kinerja tahun 2024. Tahun KDTN berencana mambangun fasilitas Function Room di Kedaton8 Hotel - Sentul yang mampu menampung sampai dengan 1.000 orang dengan nilai investasi Rp 10 miliar.

“Fasilitas baru ini diharapkan dapat dibangun pada Bulan Juli tahun ini di lahan seluas 1.200 meter persegi dan diharapkan rampung pada kuartal I-2025 dengan investasi diperkirakan akan menyerap dana sekitar Rp 10 miliar,” kata Direktur Utama KDTN Xaverius Nursalim, di Jakarta Senin (20/5/2024).

Adapun Function Room ini akan dilengkapi fasilitas lainnya seperti meeting room yang berkapasitas sampai dengan 200 orang, executive lounge, layanan food & beverage serta fasilitas olahraga (Golf Simulator). Function room ini juga nantinya dapat digunakan untuk berbagai acara seperti Wedding dan juga Exhibitions.

Baca juga: Emiten Ritel MIDI Alokasikan Belanja Modal Rp 1,4 Triliun Tahun Ini, untuk Apa?

Ekspansi bisnis ini juga merupakan roadmaps dengan skala yang sesuai target perseroan. Dengan strategi ekspansi dan investasi signifikan di fasilitas baru, KDTN akan mendorong kinerja perusahaan dengan memanfaatkan potensi pertumbuhan yang ada.

“Kami berkomitmen untuk memberikan kinerja yang baik, dengan menambah fasilitas-fasilitas terbaik sehingga dapat mencapai revenue dan keuntungan yang memuaskan bagi para pemegang saham," ujar Xaverius.

Sebelumnya KDTN telah membagun 3 hotel Swiss-belexpress di rest area pada tahun 2023 lalu, dan sedang berlangsungnya pembangunan Hotel Swiss-belexpress ke-4 di Rest Area Heritage KM 260B Ruas Tol Pejagan - Pemalang, menyusul dengan Hotel kelima-nya yang diharapkan rampung sebelum Hari Raya Idul Fitri 2025 nanti.

Sepanjang 2023, pendapatan KDTN tercatat sebesar Rp 31,15 miliar atau naik 23,62 persen dari tahun 2022. KDTN juga mencatat okupansi hotel sebanyak 55.531 kamar. Hingga 31 Maret 2024, pendapatan Puri Sentul Permai (KDTN) juga sudah mencapai Rp 7,28 miliar.

Baca juga: Emiten Hotel Rest Area KDTN Bakal Tebar Dividen Rp 1,34 Miliar


Kinerja positif itu mendorong perusahaan memberikan apresiasi kepada pemegang saham berupa dividen sebesar 40 persen dari laba bersih 2023. Di sisi lain, perusahaan juga mengalokasikan cadangan wajib Rp 100 juta dan sisanya untuk tambahan modal kerja.

“Tambahan modal kerja ini diharapkan mampu mendukung rencana pembangunan Function Room yang berlokasi di Kedaton8 Hotel - Sentul," tegas Xaverius.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com