Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

CEO JPMorgan Chase Berikan Isyarat Pensiun, Ini Calon Penggantinya

Kompas.com - 22/05/2024, 07:43 WIB
Filipi Jhonatan Partogi Situmorang,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

Sumber CNBC

JAKARTA, KOMPAS.com - Chief Executive Officer (CEO) JPMorgan Chase, Jamie Dimon, memberikan sinyal kuat bahwa masa pensiunnya semakin dekat.

Dikutip dari CNBC, Selasa (21/5/2024), Dimon telah memimpin JPMorgan Chase selama hampir dua dekade, menyatakan bahwa masa jabatannya diperkirakan akan berakhir dalam waktu kurang dari lima tahun.

"Jadwalnya (waktu pensiun) bukan lagi lima tahun," ujar Dimon dalam pertemuan tahunan investor bank yang berbasis di New York tersebut.

Baca juga: Usai Rilis Laporan Keuangan, Saham JPMorgan Chase Anjlok

Pada usia 68 tahun, Dimon kini mengubah pesan yang telah lama ia sampaikan mengenai rencana masa depannya. Hal itu membuat para investor dan analis bank semakin waspada terhadap perubahan kepemimpinan yang akan datang.

Selama masa kepemimpinannya, Dimon dinilai berhasil menjadikan JPMorgan Chase sebagai bank terbesar di Amerika Serikat berdasarkan aset, kapitalisasi pasar, dan beberapa ukuran lainnya.

Ketidakpastian mengenai kapan ia akan pensiun telah menjadi salah satu pertanyaan yang terus menghantui para investor dan analis. Hal itu mengingat besarnya pengaruh Dimon terhadap kesuksesan dan arah bank tersebut.

Baca juga: Krisis Perbankan AS, JPMorgan Bakal Tutup 21 Kantor Cabang First Republic

Keputusan kapan ia akan pensiun, menurut Dimon, pada akhirnya akan tergantung pada dewan JPMorgan.

Ia juga mendorong para investor dan analis untuk mulai memperhatikan para eksekutif yang berpotensi menggantikannya.

Dua nama yang muncul di puncak daftar calon pengganti yakni CEO bank konsumen JPMorgan, Marianne Lake dan bos bank komersial dan investasi JPMorgan, Jennifer Piepszak.

Baca juga: Setelah Pangkas 1.000 Pekerja First Republic Bank, JPMorgan PHK 500 Karyawan

Meski nantinya akan mundur sebagai CEO JPMorgan, Dimon kemungkinan besar akan tetap menjabat sebagai ketua dewan bank tersebut.

Hal ini menunjukkan bahwa meskipun perannya akan berubah, pengaruh dan pengalaman Dimon masih akan menjadi aset berharga bagi JPMorgan Chase di masa mendatang.

Dengan perubahan ini, masa depan kepemimpinan JPMorgan Chase dinilai menjadi lebih jelas, namun tetap menyisakan banyak pertanyaan bagi para pemangku kepentingan.

Siapa pun yang akan menggantikan Dimon sebagai CEO, akan mewarisi tantangan besar dalam menjaga bank tetap berada di puncak industri perbankan global.

Baca juga: Gaji CEO Goldman Sachs Dipangkas, Lebih Kecil daripada Bos Morgan Stanley dan JPMorgan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com