Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indonesia Mampu Menghasilkan Karet Lebih Besar daripada Amerika Serikat

Kompas.com - 22/05/2024, 14:46 WIB
Muhammad Idris

Penulis

KOMPAS.com - Indonesia mampu menghasilkan karet lebih besar daripada Amerika Serikat. Hal ini disebut dengan absolute advantage.

Mengutip Investopedia, absolute advantage atau juga dikenal dengan keunggulan mutlak adalah kemampuan suatu negara untuk menghasilkan barang atau jasa yang lebih banyak daripada negara lain, dengan menggunakan sumber daya yang sama ataupun dengan produksi barang yang sama.

Keunggulan absolut dapat dicapai dengan menciptakan barang atau jasa dengan biaya absolut per unit yang lebih rendah dengan menggunakan jumlah input yang lebih sedikit, atau dengan proses yang lebih efisien.

Konsep keunggulan absolut dikembangkan oleh ekonom abad ke-18 Adam Smith dalam bukunya The Wealth of Nations untuk menunjukkan bagaimana suatu negara dapat memperoleh keuntungan dari perdagangan dengan mengkhususkan diri dalam memproduksi dan mengekspor barang-barang yang dapat mereka produksi lebih efisien dibandingkan negara lain.

Baca juga: Perkebunan Karet Besar di Indonesia Banyak Dijumpai di Mana?

Negara-negara dengan absolute advantage dapat memutuskan untuk berspesialisasi dalam memproduksi dan menjual barang atau jasa tertentu dan menggunakan dana yang dihasilkan untuk membeli barang dan jasa dari negara lain.

Smith berpendapat bahwa melakukan spesialisasi pada produk yang masing-masing negara mempunyai keunggulan absolut dan kemudian memperdagangkan produk tersebut dapat membuat semua negara menjadi lebih baik.

Dengan catatan selama masing-masing negara memiliki setidaknya satu produk yang mereka miliki keunggulan absolut dibandingkan negara lain.

Keunggulan absolut menjelaskan mengapa masuk akal bagi individu, bisnis, dan negara untuk berdagang satu sama lain. Karena masing-masing pihak memiliki keunggulan dalam memproduksi barang dan jasa tertentu, kedua entitas dapat memperoleh keuntungan dari pertukaran tersebut.

Baca juga: 10 Daerah Penghasil Karet Terbesar di Indonesia

Keuntungan bersama dari perdagangan ini menjadi dasar argumen Smith bahwa spesialisasi, pembagian kerja, dan perdagangan selanjutnya akan menghasilkan peningkatan kesejahteraan secara keseluruhan yang dapat dimanfaatkan oleh semua orang.

Keunggulan absolut vs keunggulan komparatif

Keunggulan absolut dapat dibandingkan dengan keunggulan komparatif (comparative advantage), yaitu ketika seorang produsen memiliki biaya peluang yang lebih rendah untuk memproduksi suatu barang atau jasa dibandingkan produsen lain.

Biaya peluang adalah potensi manfaat yang tidak diperoleh individu, investor, atau bisnis ketika memilih satu alternatif dibandingkan alternatif lainnya.

Keunggulan absolut menghasilkan keuntungan yang jelas dari spesialisasi dan perdagangan hanya jika setiap produsen mempunyai keunggulan absolut dalam memproduksi suatu barang. Jika produsen tidak memiliki keunggulan absolut, maka argumen Adam Smith tidak berlaku.

Baca juga: Negara Penghasil Karet Terbesar Ketiga di Dunia adalah Vietnam

Namun, produsen dan mitra dagangnya mungkin masih dapat memperoleh keuntungan dari perdagangan jika mereka dapat melakukan spesialisasi berdasarkan keunggulan komparatif masing-masing.

Dalam bukunya On the Prinsip Ekonomi Politik dan Perpajakan, David Ricardo berpendapat bahwa meskipun suatu negara mempunyai keunggulan absolut dalam memperdagangkan berbagai jenis barang.

Namun tetap dapat memperoleh keuntungan dengan berdagang dengan negara lain apabila negara tersebut mempunyai keunggulan komparatif yang berbeda.

Karena keunggulan mutlak atau keunggulan absolut (absolute advantage) Indonesia Mampu Menghasilkan Karet Lebih Besar daripada Amerika Serikat.Kompas.com/Daafa Alhaqqy Karena keunggulan mutlak atau keunggulan absolut (absolute advantage) Indonesia Mampu Menghasilkan Karet Lebih Besar daripada Amerika Serikat.

Kesimpulannya Indonesia mampu menghasilkan karet lebih besar daripada Amerika Serikat karena keunggulan absolut ini.

Baca juga: Pendapat Adam Smith tentang Teori Keunggulan Mutlak

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com