Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Simak, Ini Cara Ajukan Early Redemption Sukuk Tabungan ST010T2

Kompas.com - 28/05/2024, 08:00 WIB
Mela Arnani

Penulis

KOMPAS.com - Pemerintah menyediakan fasilitas pencairan sebelum jatuh tempo atau early redemption Sukuk Tabungan (ST) seri ST010T2, di mana periode penawaran berlangsung sampai 3 Juni 2024 pukul 10.00 WIB.

Untuk diketahui, fasilitas early redemption adalah salah satu fasilitas yang memungkinkan investor menerima sebagian pelunasan pokok Sukuk Tabungan seri ST010T2 sebelum jatuh tempo.

Dilansir dari informasi resmi, tanggal setelmen early redemption ditetapkan pada 10 Juni mendatang.

Adapun dana yang bisa dicairkan melalui fasilitas early redemption maksimal 50 persen dari setiap pemesanan pembelian yang telah dilakukan.

Lantas, bagaimana cara pengajuan pencairan sebelum jatuh tempo untuk investasi Sukuk Tabungan ST010T2?

Baca juga: Sukuk Ritel dan Sukuk Tabungan, Apa Bedanya?

Cara ajukan early redemption ST010T2

Fasilitas early redemption bisa diajukan oleh investor yang memiliki minimal Rp 2 juta untuk setiap transaksi pembelian ST010T2.

Lebih lanjut, cara pengajuan fasilitas early redemption Sukuk Tabungan seri ST010T2 sebagai berikut:

  1. Pengajuan dilakukan melalui sistem elektronik mitra distribusi tempat pemesanan pembelian ST010T2
  2. Investor bisa mencantumkan jumlah nilai yang akan diajukan
  3. Pengajuan pencairan sebelum jatuh tempo akan diteruskan secara realtime ke sistem elektronik Kementerian Keuangan (Kemenkeu), untuk dilakukan validasi
  4. Pada tanggal setelmen, investor akan menerima pokok ST010T2 sebesar nominal yang diajukan pada saat periode early redemption dan kupon selama satu bulan yang jatuh tempo pada 10 Juni 2024, sesuai ketentuan dan persyaratan yang berlaku.

Baca juga: Sukuk Tabungan adalah Apa? Ini Pengertian dan Keuntungannya

Sebagai tambahan informasi, sehubungan dengan pemberhentian PT Mitrausaha Indonesia Grup (Modalku), maka tetap bisa melakukan pencairan sebelum jatuh tempo pada sistem elektronik Modalku.

Dalam hal sistem elektronik pada mitra distribusi tak lagi tersedia, yang mengakibatkan pemilik ST010T2 tidak dapat melakukan pengajuan early redemption, maka pemerintah berwenang mengambil kebijakan untuk bisa memfasilitasi pemilik ST010T2 tetap dapat melakukan pengajuan pencairan sebelum jatuh tempo.

Baca juga: 3 Perbedaan Sukuk Ritel dan Sukuk Tabungan, Apa Saja?

Sementara itu, bagi investor ST010T2 yang telah membeli melalui PT Investree Radhika Jaya dapat melakukan pencairan sebelum jatuh tempo melalui laman https://s.id/EarlyRedemptionST010T2.

Setelah itu, dapat menghubungi DJPPR Kemenkeu melalui sbsnritel@kemenkeu.go.id untuk informasi lebih lanjut mengenai kebijakan early redemption.

Demikian informasi mengenai cara pengajuan fasilitas early redemption Sukuk Tabungan seri ST010T2. Informasi selengkapnya bisa diakses di sini.

Baca juga: Sukuk Ritel dan Sukuk Tabungan, Apa Bedanya?

Baca juga: Kenali 5 Perbedaan Sukuk Ritel dan Sukuk Tabungan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com