Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Peningkatan Harga Layanan Bisnis di Jepang Catat Rekor Tertinggi dalam Satu Dekade

Kompas.com - 28/05/2024, 13:00 WIB
Filipi Jhonatan Partogi Situmorang,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam sebuah laporan terbaru dari Bank of Japan, terungkap bahwa harga layanan korporat di Jepang telah mencatat pertumbuhan tahunan tercepat sejak Maret 2015.

Ini adalah sinyal positif bagi ekonomi Jepang, dengan biaya tenaga kerja di sektor jasa menjadi pendorong utama di balik kenaikan ini.

Dikutip dari Channel News Asia, Selasa (28/5/2024), Indeks Harga Layanan Korporat (CSPI), harga layanan naik sebesar 2,8 persen dibandingkan tahun sebelumnya pada bulan April.

Kenaikan ini mengikuti kenaikan sebesar 2,4 persen pada bulan sebelumnya. Meskipun kenaikan bulanan sedikit melambat dari 0,9 persen menjadi 0,7 persen dari bulan Maret, kenaikan tahunan yang signifikan menunjukkan pertumbuhan yang stabil dalam biaya tenaga kerja di sektor layanan.

Baca juga: Perjalanan Bisnis Avoskin, Skincare Lokal yang Terinspirasi dari Alpukat

Salah satu faktor utama di balik pertumbuhan ini adalah kenaikan biaya tenaga kerja di bisnis layanan yang mempekerjakan tenaga kerja intensif, seperti perbaikan mesin dan renovasi fasilitas industri.

Ini menandai pergeseran penting dalam pola upah di Jepang, di mana bisnis-bisnis memberikan kenaikan gaji terbesar dalam beberapa dekade.

Kenaikan gaji ini dianggap sebagai faktor utama dalam perubahan kebijakan Bank of Japan yang baru-baru ini untuk mengakhiri suku bunga negatif.

Peningkatan harga layanan korporat ini bukan hanya indikator pertumbuhan ekonomi yang stabil, tetapi juga sinyal positif bagi kebijakan inflasi yang dipimpin oleh permintaan.

Baca juga: Soal Aturan Spin Off, OJK Sebut Perbankan Syariah Siapkan Model Bisnis


Bank sentral Jepang telah mengisyaratkan bahwa mereka akan melanjutkan kenaikan suku bunga, meskipun dengan kecepatan yang hati-hati mengingat keadaan ekonomi yang rapuh.

Upah yang lebih tinggi diharapkan dapat memicu konsumsi yang lebih kuat, yang pada gilirannya akan memberikan dorongan tambahan bagi pertumbuhan ekonomi secara keseluruhan.

Dengan demikian, pertumbuhan harga layanan korporat yang kuat di Jepang memberikan optimisme bagi para pelaku pasar dan pembuat kebijakan tentang prospek ekonomi negara ini dalam waktu yang akan datang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com