Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Allianz Syariah Cetak Kontribusi Peserta Baru Rp 870 Miliar pada 2023

Kompas.com - 28/05/2024, 18:00 WIB
Agustinus Rangga Respati,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Asuransi Allianz Life Syariah Indonesia (Allianz Syariah) mencatat pembayaran kontribusi baru atau Annualized Premium Equivalent (APE) Rp 870 miliar sepanjang 2023. Angka tersebut tumbuh 28,4 persen secara tahunan dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Secara gabungan, total pengumpulan premi baru Allianz Life dan Allianz Syariah tercatat sebesar Rp 4,2 triliun sepanjang 2023.

Direktur Utama Allianz Life Syariah Indonesia Achmad K. Permana menjelaskan, Allianz Syariah juga mencatat pertumbuhan kontribusi bruto sebesar 20 persen menjadi Rp 1,6 triliun.

"Allianz Syariah juga membukukan total aset senilai Rp 3,6 triliun dan ekuitas senilai Rp 958 miliar," kata dia dalam keterangan resmi, Senin (27/5/2024).

Baca juga: Allianz Life Cetak Pendapatan Premi Rp 16,2 Triliun Sepanjang 2023

Ia menambahkan, Allianz Syariah telah membayarkan santunan dan manfaat asuransi senilai Rp 959 miliar sesuai dengan prinsip tolong menolong sepanjang 2023.

Jumlah itu tumbuh 21 persen secara tahunan dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.

Di sisi lain, rasio solvabilitas yang tercermin dari risk based capital (RBC) Allianz Syariah tercatat senilai 2.178 persen untuk dana perusahaan dan 378 persen untuk dana tabarru’.

"Hal ini mencerminkan, Dana Tabarru’ yang dikelola oleh Allianz Syariah berada dalam kondisi yang sangat sehat," imbuh dia.

Baca juga: Allianz Syariah: Premi Mahal Bakal Buat Penetrasi Asuransi Stagnan

 


Sebagai catatan, Allianz Indonesia meluncurkan secara resmi PT Asuransi Allianz Life Syariah Indonesia (Allianz Syariah) sebagai entitas terpisah yang memberikan perlindungan asuransi jiwa syariah pada bulan November 2023.

Hal ini menunjukkan, Allianz berkomitmen untuk berinvestasi dan membantu masyarakat, sekaligus mendukung pertumbuhan ekonomi Indonesia, khususnya dalam perkembangan industri keuangan syariah.

Sebagai informasi, PT Asuransi Allianz Life Indonesia (Allianz Life) dan dan PT Asuransi Allianz Life Syariah Indonesia (Allianz Syariah) membukukan total pendapatan premi dan kontribusi atau Gross Written Premium (GWP) gabungan senilai Rp 16,2 triliun.

Jumlah tersebut tumbuh 7,3 persen secara tahunan dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com