Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

IFG Life Terima Pengalihan Polis Senilai Rp 37,89 Triliun dari Jiwasraya

Kompas.com - 29/05/2024, 20:40 WIB
Agustinus Rangga Respati,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Asuransi Jiwa IFG atau IFG Life melaporkan, pihaknya telah menerima pengalihan liabilitas polis PT Asuransi Jiwasraya (Persero) sebanyak 313.009 polis sampai 3 Mei 2024. Jumlah tersebut mencakup jumlah liabilitas senilai Rp 37,89 triliun.

Direktur Keuangan IFG Life Ryan Diastana Firman mengatakan, IFG Life juga telah melakukan pembayaran klaim kepada para pemegang polis eks Jiwasraya sebesar Rp 13,95 triliun.

"Terhitung sejak Desember 2021 sampai dengan 30 April 2024, nilai klaim yang telah dibayarkan IFG Life untuk pemegang polis eks Jiwasraya mencapai Rp 13,95 triliun," kata dia dalam keterangan resmi, Rabu (29/5/2024).

Baca juga: Nasabah Jiwasraya yang Setuju Restrukturisasi ke IFG Life Terus Bertambah

Ia memastikan pembayaran manfaat ini tetap menjaga rasio Risk-Based Capital (RBC) di level sehat sesuai dengan ketentuan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yakni di atas 120 persen.

Hal ini demi konsistensi perusahaan menjaga perkembangan bisnis dan pertumbuhan yang berkelanjutan.

Ryan bilang, IFG Life telah menyelesaikan amanat negara untuk menerima pengalihan polis dan aset hasil restrukturisasi nasabah eks PT Asuransi Jiwasraya (Persero).

Sedikit catatan, proses restrukturisasi Jiwasraya telah dinyatakan selesai oleh Kementerian BUMN pada akhir Desember 2023.

IFG Life berperan menerima pengalihan polis, sehingga manfaat polis nasabah eks Jiwasraya dapat tetap berjalan.

“Kami bersyukur IFG Life berhasil menyelesaikan amanat negara untuk menerima pengalihan polis dari Jiwasraya. Ini semua merupakan hasil kerja bersama dan dukungan semua pihak sehingga semua nasabah yang polisnya dialihkan mendapatkan keberlanjutan manfaat polis,” tandas dia.

Sebelumnya induk IFG Life, PT Bahana Pembinaan Usaha Indonesia (Persero) atau Indonesia Financial Group (IFG) mengatakan, jumlah nasabah PT Asuransi Jiwasraya (Persero) yang ikut program restrukturisasi ke IFG Life terus bertambah. Pada awal tahun ini, masih terdapat 900 nasabah Jiwasraya yang menolak polisnya dialihkan ke Jiwasraya.

Direktur Utama IFG Hexana Tri Sasongko menerangkan, saat ini sudah ada 50 persen dari jumlah tersebut yang akhirnya setuju untuk pengalihan polis ke IFG Life.

"Saya tidak ingat persisnya, tetapi dari sisa itu tinggal 50 persen yang sudah ikut lagi (restrukturisasi)," kata dia ketika ditemui di Jakarta, Selasa (21/5/2024).

Baca juga: IFG Life Sampaikan Pentingnya Asuransi Bagi Para Pelaku UMKM

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com