Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pesan Wapres untuk Jemaah Haji Aceh, Waspada Cuaca Panas hingga Bawa Air Minum

Kompas.com - 29/05/2024, 22:00 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

BANDA ACEH, KOMPAS.com - Wakil Presiden Ma'ruf Amin melepas keberangkatan perdana jemaah haji embarkasi Aceh di Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda (SIM) pada sore ini, Rabu (29/5/2024).

Pesawat yang membawa rombongan Wapres mendarat di Bandara SIM pada pukul 16.26 WIB. Seiring dengan kedatangan Wapres, jemaah haji Aceh kelompok terbang (kloter) 1 sebanyak 393 orang menaiki pesawat Garuda Indonesia GA-2101.

Kemudian, Wapres menaiki pesawat sekitar pukul 17.10 WIB untuk menyapa para jemaah sebelum berangkat ke Tanah Suci. Ma'ruf berpesan kepada para jemaah, untuk mewaspadai cuaca di Mekkah, Arab Saudi yang sangat terik.

Baca juga: Penerbangan Haji Perdana di Aceh Hari Ini, Kemenhub Lakukan Inspeksi

Ilustrasi haji. Perbedaan haji khusus dan haji furoda. Apa itu haji khusus. Apa itu haji furoda.UNSPLASH/OMER F. ARSLAN Ilustrasi haji. Perbedaan haji khusus dan haji furoda. Apa itu haji khusus. Apa itu haji furoda.

"Yang saya minta diwaspadai karena cuaca di Mekkah sekarang cukup panas, 42 sampai 43 derajat, sehingga mereka harus bisa menjaga diri, selalu membawa air untuk minum untuk menghindari panas yang terik," ujarnya di Bandara SIM, Banda Aceh, Rabu (29/5/2024).

Dia juga berpesan agar para jemaah tidak memaksakan beribadah yang berlebihan agar dapat mengikuti puncak ibadah haji yakni wukuf di Arafah dan lempar jumrah di Mina.

"Jadi itu tadi saya pesan kepada mereka supaya betul-betul menjalankan ibadah haji ini dengan baik dan senantiasa mendekatkan diri kepada Allah. Jangan sampai sibuk dengan yang lain-lain. Jangan sampai tawaf di pasar, tawafnya di Ka'bah saja ya," ucapnya.

Sebelumnya, seremoni pelepasan jemaah haji kloter 1 embarkasi Aceh dilakukan oleh Pj Gubernur Aceh Bustomi Hamzah di Asrama Haji Aceh siang tadi.

Baca juga: Jemaah Haji Embarkasi Aceh Bakal Dapat 1.500 Riyal Per Orang dari Wakaf Baitul Asyi

Adapun penerbangan haji perdana di Aceh tahun ini dilayani pesawat Boeing 777-300ER dengan nomor registrasi oesawat PK-GIK.

Pesawat ini lepas landas dari Bandara SIM sekitar pukul 18.36 WIB atau terlambat dari jadwal yang seharusnya pukul 17.45 WIB.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com