Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ketua INSA Terpilih Jadi Presiden Asosiasi Pemilik Kapal Asia

Kompas.com - 30/05/2024, 08:35 WIB
Yoga Sukmana

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Umum Indonesian National Shipowners’ Association (INSA) Carmelita Hartoto terpilih sebagai Presiden Asian Shipowners’ Association (ASA) ke-34 periode 2024-2025.

ASA merupakan asosiasi pemilik kapal se-Asia yang terdiri, China, Hong Kong, Jepang, Korea, Cook Island, dan negara-negara di ASEAN. Menurut UNCTAD Handbook of Statistics 2022, separuh tonase kapal di dunia dimiliki oleh para pelaku usaha di Asia.

"Kepercayaan ini akan saya laksanakan dengan penuh tanggung jawab, dengan komitmen agar ASA bisa semakin diakui di komunitas pelayaran internasional,” kata Carmelita melalui siaran persnya dikutip Kamis (28/05/2024).

Baca juga: INSA Ungkap Sederet Tantangan Indonesia Menuju Green Shipping

Dengan begitu, Carmelita kini memimpin 3 asosiasi perkapalan. Dari Ketua INSA, Ketua Federation of ASEAN Shipowners’ Association (FASA), dan Presiden ASA.

Carmelita berharap, kepemimpin dirinya di ASA akan berkontribusi, khususnya untuk meningkatkan pengaruh FASA dan INSA di komunitas pelayaran, sehingga akan memberikan kesempatan kepada FASA dan INSA memperjuangkan kepentingan anggota di level Asia.

Selain itu, kepemimpinannya di ASA merupakan kesempatan bagi para pelaku usaha di Indonesia dan ASEAN untuk berjejaring dan bekerja sama lebih luas dengan asosiasi pelayaran lainnya di Asia dan global.

Baca juga: INSA Minta Pemerintah Bentuk Badan Tunggal Penjaga Laut dan Pantai untuk Kelancaran Logistik Nasional

Carmelita juga berharap, dengan dirinya terpilih sebagai Presiden ASA akan meningkatkan peran dan kontribusi Indonesia di kancah maritim regional dan global.

"Peran saya di ASA ini semoga bisa semakin memperkuat posisi Indonesia sebagai negara yang berperan penting dalam maritim regional dan global."

Terpilihnya Carmelita sebagai Presiden ASA saat Annual General Meeting (AGM) ke-33 ASA pada 28 Mei 2024 di Hong Kong.

AGM ke-33 ASA diselenggarakan oleh Hong Kong Shipowners Association (HKSOA) dan dihadiri oleh lebih dari 200 perwakilan dari asosiasi anggota ASA. Carmelita menggantikan Angad Banga Presiden ASA periode sebelumnya yang merupakan Ketua HKSOA.

Baca juga: INSA Minta Penyediaan Kapal Tunda dan Pandu di Pelabuhan Sesuai Aturan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com