Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siapkan Anggaran Negara 2025, Sri Mulyani: Semua Menanyakan Makan Siang Gratis Bagaimana...

Kompas.com - 30/05/2024, 16:09 WIB
Rully R. Ramli,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menyatakan, saat ini pemerintah tengah menyiapkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2025.

APBN 2025 nantinya akan menjadi anggaran negara untuk pemerintahan di bawah kepemimpinan presiden terpilih Prabowo Subianto.

Bendahara Negara bilang, salah satu pertanyaan yang kerap dilontarkan dalam rangkaian proses penyiapan itu ialah apakah program unggulan Prabowo, yakni makan siang gratis dan susu gratis, masuk ke dalam APBN.

Baca juga: Soal Anggaran Makan Siang Gratis, Prabowo: Waktunya Kita Lebih Berani

Sejumlah siswa menyantap makan siang gratis di SMP Negeri-1 Darul Imarah, kabupaten Aceh Besar, Aceh, Selasa (5/3//2024). Pemerintah Kabupaten Aceh Besar melaksanakan simulasi program makan siang gratis untuk pelajar dengan lima jenis makanan bergizi dan sehat senilai Rp15 ribu per porsi. ANTARA FOTO/Ampelsa/Spt.ANTARA FOTO/Ampelsa Sejumlah siswa menyantap makan siang gratis di SMP Negeri-1 Darul Imarah, kabupaten Aceh Besar, Aceh, Selasa (5/3//2024). Pemerintah Kabupaten Aceh Besar melaksanakan simulasi program makan siang gratis untuk pelajar dengan lima jenis makanan bergizi dan sehat senilai Rp15 ribu per porsi. ANTARA FOTO/Ampelsa/Spt.

"Tentu semuanya selalu menanyakan tentang makan siang gratis gimana Bu," kata dia, dalam seminar nasional Jesuit Indonesia, di Jakarta, Kamis (30/5/2024).

Perempuan yang akrab disapa Ani itu tidak membeberkan secara langsung apakah program makan siang gratis masuk ke dalam alokasi APBN 2025.

Namun demikian, Ani memastikan, dalam perumusan APBN 2025, pemerintah melakukan koordinasi dan konsultasi dengan pihak presiden terpilih, sebagaimana tradisi dari persiapan anggaran negara pada periode transisi.

"Kita memberikan kerangka besar, amplop besarnya. Ini loh APBN yang nanti kita sampaikan kepada pemerintahan baru," ujarnya.

Baca juga: Menko Airlangga Siapkan Pengadaan Susu untuk Program Makan Siang Gratis Prabowo

Lebih lanjut Sri Mulyani bilang, dalam pelaksanaan belanja negara, pemerintah memang terus fokus melakukan investasi terhadap sumber daya manusia (SDM).

Menurutnya, investasi untuk pengembangan kualitas SDM menjadi syarat mutlak apabila Indonesia ingin merealisasikan mimpinya menjadi negara maju.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com