Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
E-COMMERCE

8 Tahun Bekerja Sama, JNE Akui Kontribusi Positif Shopee

Kompas.com - 30/05/2024, 17:33 WIB
Erlangga Satya Darmawan,
Agung Dwi E

Tim Redaksi

KOMPAS.com - PT Tiki Jalur Nugraha Ekakurir atau JNE mengakui bahwa keberadaan sektor perdagangan elektronik atau e-commerce turut berandil terhadap perkembangan perusahaan.

JNE sendiri telah melayani pengiriman logistik masyarakat Indonesia selama lebih dari 33 tahun. JNE pun ikut menggarap sektor e-commerce untuk memberikan pelayanan kepada pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di era digital.

Dalam delapan tahun terakhir, JNE bekerja sama dengan Shopee sebagai salah satu mitra logistik platform e-commerce tersebut.

Senior Vice President Marketing Group Head JNE Eri Palgunadi mengatakan, JNE telah bekerja sama dengan Shopee sejak 2016. Kemitraan ini diakuinya memberikan kontribusi positif terhadap perusahaan.

“Permintaan volume untuk layanan logistik terus meningkat, terutama dengan pertumbuhan pelaku UMKM yang menggunakan saluran penjualan melalui Shopee,” tuturnya.

Eri menambahkan, kesuksesan kemitraan kedua belah pihak disebabkan oleh proses integrasi layanan JNE dan Shopee yang berhasil menghadirkan pengalaman terbaik kepada pelanggan.

Untuk bisa memberikan yang terbaik, JNE berkomitmen selalu mengoptimalkan service level agreement (SLA) yang terintegrasi pada Shopee.

SLA sendiri merupakan perjanjian atau kontrak antara penyedia jasa dengan pelanggan yang mengatur parameter serta standar kualitas layanan yang akan diberikan.

“Keberhasilan ini merupakan wujud komitmen bersama dalam pengembangan ekosistem ekonomi digital melalui integrasi sistem logistik JNE bersama teknologi Shopee,” ujar Eri.

Saat ini, JNE menawarkan beragam layanan logistik bagi pelanggan yang berbelanja di Shopee, yakni JNE Regular, JNE YES, dan JNE Trucking.

Dengan layanan tersebut, JNE optimistis dapat menghadirkan pengalaman terbaik kepada pelanggan Shopee secara konsisten.

“Ke depan, kerja sama yang terjalin ini diharapkan dapat terus berkembang. JNE juga berkomitmen untuk terus memberikan pelayanan terbaik dan meningkatkan inovasi serta mendukung pengembangan bisnis bagi kemajuan UMKM Indonesia,” kata Eri.

Di tempat terpisah, Director of Business Partnership Shopee Indonesia Daniel Minardi menjelaskan bahwa SLA menjadi salah satu acuan dalam upaya peningkatan pelayanan pada pelanggan.

“Kami memang fokus pada SLA untuk memberikan pelayanan prima kepada pelanggan. JNE sendiri merupakan salah satu mitra kunci kami dalam mendukung tersebut,” jelas Daniel.

Sebagai bentuk apresiasi pada mitra logistiknya, Shopee pun memberikan penghargaan Super Logistic Partner kepada JNE di ajang Shopee Super Award 2023.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com