Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
MIGAS BERKELANJUTAN

Kinerja Meningkat, RAJA Bagikan 40 Persen Laba Bersih untuk Dividen

Kompas.com - 30/05/2024, 18:00 WIB
Yakob Arfin Tyas Sasongko,
Aditya Mulyawan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Perusahaan minyak dan gas (migas) terkemuka PT Rukun Raharja Tbk menggelar Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) Tahun Buku 2023 di Samisara Ballroom, Sopo Del Tower, Jakarta Selatan, Rabu (29/5/2024).

RUPST tersebut digelar secara hibrida (luring dan daring) guna memudahkan pemegang saham yang tidak dapat hadir. Adapun pemegang saham diberikan kesempatan untuk menitipkan kuasa (e-proxy) melalui Easy.KSEI.

Dalam keterangan resmi yang diterima Kompas.com, Kamis (30/5/2024), RUPST 2023 telah mencapai kuorum sebagaimana disyaratkan undang-undang (UU) dan peraturan yang berlaku.

Pada RUPST kali ini, perusahaan berkode saham RAJA itu membahas lima agenda utama. Pertama, para pemegang saham menyetujui Laporan Tahunan dan mengesahkan Laporan Keuangan Konsolidasian Perseroan serta Laporan Tugas Pengawasan Dewan Komisaris Perseroan selama Tahun Buku 2023.

Baca juga: Catatkan Kinerja Positif, Rukun Raharja Bukukan Laba Bersih 8 Juta Dollar AS pada Kuartal I-2024

Agenda tersebut menyoroti pertumbuhan signifikan dalam pendapatan dan profitabilitas perseroan. Pertumbuhan ini didorong oleh inisiatif strategis perseroan, terutama melalui beberapa proyek yang mulai beroperasi penuh pada 2023.

Peningkatan performa keuangan tersebut merupakan hasil dari implementasi strategi bisnis yang direncanakan secara matang dan berorientasi pada keberlanjutan. 

Selain itu, keberhasilan tersebut juga mencerminkan komitmen perseroan terhadap inovasi dan efisiensi operasional yang berkontribusi pada peningkatan nilai bagi para pemegang saham dan pemangku kepentingan lainnya.

Kedua, para pemegang saham menyetujui pembagian dividen tunai sebesar Rp 180 miliar atau setara dengan Rp 38 per saham. Pembagian dividen ini merupakan komitmen perseroan untuk memastikan kepercayaan pemegang saham terhadap perseroan tetap terjaga.

Baca juga: Bukukan Laba 27 Juta Dollar AS pada 2023, Rukun Raharja Catat Pencapaian Tertinggi dalam Satu Dekade

Selain itu, pembagian dividen juga telah mempertimbangkan arus kas dan kebutuhan dana operasional maupun investasi perseroan ke depannya. Pembagian dividen ini juga merupakan bentuk apresiasi perseroan kepada para pemegang saham yang selama ini telah mendukung dan mempercayai perseroan.

Dengan langkah itu, perseroan berharap dapat terus meningkatkan nilai bagi pemegang saham serta memperkuat hubungan jangka panjang yang saling menguntungkan.

Adapun jadwal pembagian dividen perseroan sebagai berikut.

  • Recording Date pada 10 Juni 2024
  • Cum Dividen di Pasar Reguler dan Negosiasi pada 5 Juni 2024
  • Ex Dividen di Pasar Reguler dan Negosiasi pada 6 Juni 2024
  • Cum Dividen di Pasar Tunai pada 10 Juni 2024
  • Ex Dividen di Pasar Tunai pada 11 Juni 2024
  • Pembayaran Dividen pada 28 Juli 2024

Baca juga: Anak Usaha Rukun Raharja Lirik Produksi Biogas dari Aneka Limbah

Ketiga, pemegang saham menyetujui pemberian wewenang dan kuasa kepada Dewan Komisaris perseroan untuk menetapkan gaji dan tunjangan lainnya untuk Direksi Perseroan, serta menetapkan honorarium dan tunjangan bagi Dewan Komisaris berdasarkan rekomendasi dari Komite Nominasi dan Remunerasi.

Keempat, para pemegang saham menyetujui pemberian wewenang dan kuasa kepada Dewan Komisaris perseroan untuk menunjuk kantor akuntan publik (KAP) yang akan melakukan audit atas Laporan Keuangan Konsolidasian Perseroan Tahun Buku 2024.

Dengan memberikan wewenang tersebut kepada Dewan Komisaris, perseroan memastikan proses seleksi yang transparan dan obyektif dalam memilih KAP yang memiliki reputasi baik dan pengalaman memadai.

Langkah tersebut sejalan dengan praktik tata kelola perusahaan yang baik (good corporate governance) yang mengutamakan prinsip-prinsip transparansi, akuntabilitas, responsibilitas, independensi, dan kewajaran dalam menjalankan kegiatan usaha perseroan.

Baca juga: Rukun Raharja Akuisisi 8 Persen Saham Blok Jabung

Terakhir, terkait perubahan Dewan Komisaris dan/atau Direksi Perseroan. Rapat ini menyetujui pengunduran diri Direktur Keuangan Perseroan Oka Lesmana.

Adapun susunan Direksi dan Dewan Komisaris Perseroan hingga 2026 sebagai berikut.

Dewan Komisaris

  • Komisaris Utama: Rudiantara
  • Komisaris: M Arsjad Rasjid PM
  • Komisaris Independen: Rachmat Gobel
  • Komisaris Independen: Orias Petrus Moedak
  • Komisaris Independen: D Andhi Nirwanto

Direksi

  • Direktur Utama: Djauhar Maulidi
  • Direktur: Sumantri
  • Direktur: Ogi Rulino
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com