Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pupuk Kaltim Bantu Jaga Ekosistem Perairan di Maratua

Kompas.com - 30/05/2024, 21:44 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pupuk Kalimantan Timur atau Pupuk Kaltim berkomitmen dalam menjaga keanekaragaman hayati dan ekosistem perairan.

Ini dilakukan dengan menurunkan 134 unit media terumbu di perairan Coral Stock Centre Maratua, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur.

Direktur Utama Pupuk Kaltim Budi Wahju Soesilo mengungkapkan penurunan media terumbu ini bagian dari kontribusi perseroan dalam menjaga keberlanjutan ekosistem perairan, sehingga ke depan tetap terjaga dan memberi manfaat bagi masyarakat maupun lingkungan sekitar.

Baca juga: Gandeng TKDN, Pupuk Kaltim Tingkatkan Keamanan dan Keselamatan Armada

Fungsi ekosistem terumbu karang.Unsplash/Oleksandr Sushko Fungsi ekosistem terumbu karang.

Terlebih keberadaan Maratua sebagai salah satu wilayah pesisir di Indonesia, memiliki potensi sumber daya bahari yang unik, sekaligus sumber penghidupan masyarakat dalam hal pemanfaaatan hasil laut maupun pengembangan potensi wisata dengan keindahan alam bawah lautnya.

"Oleh karena itu, dengan penurunan 134 media terumbu ini diharap semakin memperkaya biota laut sekaligus melestarikan keindahan bawah air Maratua. Hal ini sebagai wujud dukungan Pupuk Kaltim terhadap ekosistem sekaligus pengembangan potensi wisata yang ditawarkan," ujar Soesilo dalam ketetangan tertulis, Kamis (30/5/2024).

Menurut Soesilo, terumbu karang merupakan rumah bagi ribuan spesies laut, sekaligus berperan dalam melindungi pantai dari abrasi.

Namun begitu, berbagai ancaman terhadap terumbu karang juga terus berkembang, mulai dari perubahan iklim, polusi hingga aktivitas manusia yang tidak bertanggung jawab.

Baca juga: Dukung Efisiensi Energi dan Keberlanjutan, Pupuk Kaltim Revamping Pabrik Tertua

Saat ini sekitar 33,82 persen dari total luas terumbu karang Indonesia mengalami kerusakan atau dalam kondisi kurang baik, sehingga memerlukan upaya revitalisasi yang serius.

"Pupuk Kaltim melihat terumbu karang memegang peranan yang tak tergantikan dalam menjaga keseimbangan ekosistem biota laut, yang pada akhirnya akan memberikan manfaat jangka panjang bagi masyarakat maupun lingkungan sekitar. Hal ini pula yang menjadi semangat kami dalam aksi penuruan media terumbu di Maratua," terang Soesilo.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com