Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Investor Kripto RI Tembus 20 Juta Orang, Edukasi Tetap Gencar Dilakukan

Kompas.com - 06/06/2024, 22:48 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Penetrasi investor aset kripto di Asia Tenggara sampai akhir 2024 diperkirakan meningkat hingga 12,78 persen dan di tahun 2028 diharapkan dapat naik hingga 14,81 persen. Ini berdasarkan data dari Statista.

Sekretaris Badan Pengawas Berjangka Perdagangan Komoditi (Bappebti) Olvy Andrianita menyatakan, perdagangan Aset Kripto di Indonesia sendiri terus tumbuh positif di tengah membaiknya kondisi pasar nasional.

Sampai dengan April 2024 investor kripto dalam negeri mencapai 20 juta pelanggan dengan transaksi mencapai hingga Rp 211,1 triliun.

Baca juga: Fluktuasi Harga Kripto Sangat Tinggi, CEO Indodax: Tidak Semua Orang Bisa Jadi Trader

Ilustrasi aset kripto, kripto.UNSPLASH/ART RACHEN Ilustrasi aset kripto, kripto.

Menurut dia, capaian tersebut tidak terlepas dari upaya edukasi dan literasi, khususnya yang dilakukan melalui Bulan Literasi Kripto (BLK) 2024. Kegiatan ini dilakukan oleh Asosiasi Pedagang Aset Kripto Indonesia-Asosiasi Blockchain Indonesia (Aspakrindo-ABI) sepanjang bulan Mei 2024.

"Tentunya perkembangan tersebut tidak lepas dari peran berbagai pihak yang terlibat pada BLK 2024 dalam upaya mendorong pemahaman masyarakat tentang perdagangan Aset Kripto,” ujar Olvy dalam keterangan tertulis, Kamis (6/6/2024).

Perusahaan perdagangan aset kripto PT Pintu Kemana Saja (PINTU) yang juga anggota Aspakrindo-ABI menggelar berbagai kegiatan edukatif dan menarik demi mendukung BLK 2024 yang fokus kepada edukasi dan literasi mengenai aset kripto untuk masyarakat Indonesia.

General Counsel PINTU sekaligus Sekretaris Jenderal Aspakrindo-ABI Malikulkusno Utomo mengungkapkan, pihaknya mengapresiasi gelaran BLK 2024 yang mampu meraih pencapaian luar biasa dengan berbagai kegiatan edukasi baik secara daring maupun luring.

Baca juga: BLK 2024 Sukses Digelar, Upaya Indonesia Bangun Pemahaman soal Aset Kripto

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com