Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang Idul Adha, Mendag Klaim Harga Kebutuhan Pokok Stabil

Kompas.com - 09/06/2024, 16:00 WIB
Rully R. Ramli,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan mengklaim, harga barang kebutuhan pokok (bapok) cenderung stabil menjelang Hari Raya Idul Adha. Ini disampaikan usai meninjau Pasar Karang Ayu, Semarang, Jawa Tengah.

Pria yang akrab disapa Zulhas itu bulang, harga barang kebutuhan pokok seperti ayam, daging, dan telur bergerak stabil. Hal ini selaras dengan pasokan yang disebut terjaga.

"Kementerian Perdagangan akan selalu menjaga harga bapok stabil," kata dia, dalam keterangannya, dikutip Minggu (9/6/2024).

Baca juga: Jelang Idul Adha, Mentan Pastikan Ketersediaan Hewan Kurban Aman dan Mencukupi

Berdasarkan hasil tinjauan, Kementerian Perdagangan (Kemendag) menemukan, harga beras stabilisasi pasokan dan harga pangan (HPSP) ada di level Rp 12.500 per kilogram (kg). Kemudian beras medium dan beras premium masing-masing sebesar Rp 14.000 dan Rp 15.000 per kg.

Lalu untuk komoditas minyak goreng, minyak goreng curah dijual di kisaran Rp 15.300 per liter dan minyak goreng premium sebesar Rp 18.500 per liter. Adapun harga Minyakita terjaga di level Rp 14.000 per liter.

Selanjutnya, untuk harga komoditas daging ayam ras rata-rata sebesar Rp 35.000 - Rp 40.000 per kg dan telur ayam ras Rp 28.000 per kg. Kemudian, tepung terigu dijual di harga Rp 12.000 per kg dan gula pasir sebesar Rp 18.000 per kg.

Baca juga: Sambut Idul Adha 1445 H, Bank Mandiri dan MAI Berkolaborasi Luncurkan Fitur Kurban di Livin’ Sukha

"Mendekati Idul Adha, semua bahan pokok yang diperlukan, seperti ayam, daging, telur, semua lengkap dan harga stabil," ujar Zulhas.

Sementara itu, harga cabai terpantau tinggi. Untuk cabai merah besar rata-rata harganya sebesar Rp 70.000 per kg, cabai merah keriting Rp 50.000 per kg, serta cabai rawit merah Rp 35.000 per kg.

Harga komoditas lain yang juga tinggi ialah bawang merah sebesar Rp 37.000 per kg dan bawang putih Rp 37.000 per kg.

Baca juga: Waspada Modus Kejahatan Jelang Idul Adha, BSI Imbau Masyarakat Cek Saldo dan Ganti Password

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com