Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

MIND ID Tunjuk Fuad Bawazier Jadi Komut, Grace Natalie Jadi Komisaris

Kompas.com - 11/06/2024, 06:06 WIB
Yohana Artha Uly,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - BUMN Holding Industri Pertambangan Indonesia, MIND ID mengangkat

Fuad Bawazier sebagai Komisaris Utama (Komut). Hal ini ditetapkan dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) pada Senin (10/6/2024). 

Dalam RUPST MIND ID tersebut ditetapkan pula pengangkatan Grace Natalie Louisa sebagai Komisaris dan Pamitra Wineka sebagai Komisaris Independen.

Rapat itu juga menyetujui pemberhentian dengan hormat Jisman Parada Hutajulu sebagai Komisaris. Adapun saat ini Jisman menjabat sebagai Dirjen Ketenagalistrikan Kementerian ESDM.

Baca juga: Vale Indonesia Umumkan Jajaran Direksi dan Komisaris Baru

Direktur Utama MIND ID Hendi Prio Santoso mengatakan, dengan adanya keputusan para pemegang saham terhadap perubahan pengurus, diharapkan dapat membawa MIND ID menjadi perusahaan tambang yang menciptakan nilai tambah dan berkelanjutan.

"Diharapkan MIND ID dapat menjadi strategic holding yang terunggul dalam hilirisasi sektor pertambangan Indonesia yang mampu membukukan kinerja optimal secara berkelanjutan," ujarnya dalam keterangan tertulis, Selasa (11/6/2024).

Fuad pernah menjabat sebagai Menteri Keuangan pada tahun 1998 di Kabinet Pembangunan VII. Sebelumnya dia pernah menduduki posisi Dirjen Pajak pada tahun 1993-1998.

Fuad yang merupakan profesional di bidang ekonomi, aktif pula sebagai politikus. Ia sempat menjadi politikus Partai Amanat Nasional (PAN), lalu bergabung dengan Partai Hanura, hingga akhir bergabung menjadi kader Partai Gerindra.

Pada Pilpres 2024, Fuad tercatat sebagai salah satu Dewan Pakar Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Sementara itu, Grace Natalie merupakan Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Solidaritas Indonesia (PSI), yang juga menjabat sebagai Staf Khusus Presiden Joko Widodo (Jokowi). Pada Pilpres 2024, Grace tercatat menjadi salah satu Wakil Ketua TKN Prabowo-Gibran.

Sedangkan Pamitra Wineka adalah mantan Komisaris Independen Bank Neo Commerce, serta pernah menjabat sebagai CEO TaniHub.

Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN), Prabowo-Gibran Grace Natalie dan Juru Bicara TKN Isyana Bagoes Oka saat ditemui di JCC, Senayan, Jakarta, Jumat (22/12/2023).KOMPAS.com / IRFAN KAMIL Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN), Prabowo-Gibran Grace Natalie dan Juru Bicara TKN Isyana Bagoes Oka saat ditemui di JCC, Senayan, Jakarta, Jumat (22/12/2023).
Dengan perubahan yang ditetapkan dalam RUPST tersebut maka susunan Komisaris dan Direksi MIND ID sebagai berikut:

Dewan Komisaris
- Komisaris Utama: Fuad Bawazier
- Komisaris Independen: Muhammad Munir
- Komisaris Independen: Pamitra Wineka
- Komisaris: Astera Primanto Bhakti
- Komisaris: Grace Natalie
- Komisaris: Nicolaus Teguh Budi Harjanto

Direksi
- Direktur Utama : Hendi Prio Santoso
- Wakil Direktur Utama : Dany Amrul Ichdan
- Direktur Portofolio dan Pengembangan Usaha : Dilo Seno Widagdo
- Direktur Keuangan : Akhmad Fazri
- Direktur Manajemen Risiko dan HSSE : Nur Hidayat Udin

Baca juga: BNI Bagi Remunerasi Saham Rp 61,68 Miliar ke Direksi dan Dewan Komisaris

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com