Paket Ekonomi Eropa Dorong Harga Minyak di Asia

Kompas.com - 13/10/2008, 11:38 WIB
Editor

SINGAPURA, SENIN - Harga minyak kembali bangkit dari angka terendah dalam 13 bulan terakhir di bursa komoditas Asia. Kenaikan harga minyak di atas 80 dollar AS per barrel berlangsung saat terdapat ekspektasi pasar terhadap janji dari sejumlah negara Eropa untuk melindungi sejumlah bank dari kebangkrutan sehingga membuka harapan terhadap stabilisasi sistem keuangan global.  

Kontrak pengiriman minyak mentah light, sweet untuk bulan November naik 2,76 dollar AS menjadi 80,46 dollar AS per barrel dalam transaksi di New York Mercantile Exhange pada pertengahan hari waktu Singapura. Kontrak tersebut merosot 8,89 dollar AS, Jumat (10/10) menjadi 77,70 dollar AS per barrel, harga terendah sejak 10 September 2007.

"Kenaikan kembali ini sebagian besar dipengaruhi oleh paket penyelamatan perbankan Eropa," kata Victor Shum, seorang analis energi di kantor konsultan Purvin & Gertz, Singapura. "Paket itu ampuh, namun terlalu dini untuk mengetahui apakah paket tersebut nantinya dapat memulihkan kepercayaan di bursa kredit."

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.