Puncak Mudik, Empat Maskapai Tambah 188 Rute

Kompas.com - 01/09/2009, 14:26 WIB
Editor

JAKARTA, KOMPAS.com — Empat maskapai penerbangan, yaitu Garuda Indonesia, Mandala, Merpati, dan Trigana Air, mengajukan penambahan rute untuk memenuhi permintaan penumpang pada arus mudik Lebaran. Menteri Perhubungan Jusman Safeii Djamal mengatakan, permintaan tersebut sudah dipenuhi. Terdapat 188 extra flight atau rute tambahan oleh empat maskapai tersebut.

"Rute-rutenya, rute tersibuk Surabaya dan Jakarta. Kalau ke Pulau Sumatera, ke Medan," jelas Jusman, seusai mengikuti Rapat Paripurna di Gedung DPR, Jakarta, Selasa (1/9).

Dengan extra flight ini, kenaikan jumlah penumpang udara, menurut dia, sudah terpenuhi kapasitas tempat duduknya. Rute tambahan ini biasanya memang diadakan ketika diketahui adanya lonjakan pemesanan. "Insya Allah, penumpang udara tertangani semua," kata Jusman.

Jumlah penumpang dengan transportasi udara diprediksi Departemen Perhubungan mengalami kenaikan 15 persen. Sementara untuk penumpang KA akan diatasi dengan rangkaian kereta tambahan. Penumpang KA diperkirakan mencapai 3,3 juta orang pada mudik tahun ini.

Tindak pelanggar batas tarif

Departemen Perhubungan juga melakukan pemantauan tarif batas atas untuk segala moda transportasi. Untuk transportasi darat, Organisasi Angkutan Darat (Organda) telah menyatakan bahwa tarif batas atas yang disepakati telah memenuhi biaya operasi.

"Jadi, kalau akan menerapkan tarif melampaui batas atas, ada tindakannya. Tergantung klasifikasi pelanggaran yang dilakukan. Tindakan yang paling keras meninjau izin rute sampai pencabutan, setelah sebelumnya diberi teguran," kata Jusman.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.