DHL Express Terbang Langsung Hongkong-Surabaya

Kompas.com - 10/12/2009, 17:26 WIB
Editormade

JAKARTA, KOMPAS.com — DHL mengumumkan bahwa perusahaan ini menjadi perusahaan ekspres pertama yang memulai penerbangan langsung dari Hongkong ke Surabaya guna memfasilitasi jumlah barang impor yang terus meningkat dari Hongkong ke Jawa Timur. Penerbangan tersebut beroperasi empat hari dalam seminggu, yaitu setiap Selasa, Rabu, Kamis, dan Minggu, dan tidak hanya akan membawa barang dari Hongkong, tetapi juga dari Asia Utara dan AS.

Siaran pers DHL, Kamis (10/12/2009), menyebutkan, data terakhir Biro Pusat Statistik Jawa Timur dibandingkan dengan September 2009 terdapat peningkatan jumlah impor sebesar 7,84 persen pada Oktober 2009, senilai 970,15 juta dollar AS. Sementara itu, volume pengiriman barang pada rute Hongkong-Surabaya terus meningkat dan DHL mencatat pertumbuhan sebesar 18 persen antara Juli dan November 2009.

Kiriman dalam jumlah besar berasal dari China, Hongkong, Jepang, Korea, dan Taiwan. Penerbangan langsung dari Bandar Udara Internasional Hongkong ke Bandara Juanda di Surabaya memberikan waktu transit lebih cepat kepada pelanggan sampai dengan 24 jam dibandingkan dengan penerbangan tidak langsung sebelumnya dengan meniadakan keharusan kliring di Jakarta serta transportasi domestik dari Jakarta ke Surabaya.

"Hongkong-Surabaya merupakan jalur perdagangan penting bagi DHL karena China merupakan pemasok produk non-minyak dan gas terbesar ke Jawa Timur, dengan nilai mencapai 202,62 juta dollar AS pada Oktober 2009. DHL Express juga memiliki gateway di Surabaya untuk kiriman dari/ke seluruh kawasan di Jawa Timur," kata David Ng, Senior Technical Advisor DHL Express/PT Birotika Semesta.

Menurut David, dengan waktu transit yang lebih pendek, DHL dapat mendukung perusahaan-perusahaan yang berbasis di Surabaya dengan lebih baik untuk meningkatkan kegiatan impor mereka. "Dengan penerbangan baru ini, kami berharap dapat meningkatkan konektivitas, keandalan layanan, dan kinerja tepat waktu untuk pelanggan kami di Jawa Timur, Hongkong, Asia Utara, dan AS secara signifikan," katanya. (*)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.