Baju Bekas Impor Masih Banjir ke Indonesia

Kompas.com - 07/01/2010, 19:37 WIB
Editormade

JAKARTA, KOMPAS.com - Walaupun ada pelarangan baju bekas impor masuk ke Indonesia, namun penyelundupan pakaian bekas masih tetap marak. Awal tahun ini, Bea dan Cukai menggagalkan penyelundupan 2.200 bal baju bekas impor.

Penyelundupan terjadi di perairan Tanjung Balai Karimun, Provinsi Kepulauan Riau. Baju bekas itu diselundupkan dengan menggunakan kapal. "Tiap bal berisi antara 200-300 lembar baju bekas. Total nilai baju bekas itu mencapai Rp 2,8 miliar," kata Dirjen Bea dan Cukai, Thomas Sugijata, Kamis (7/1/2010).

Selain penggagalan awal tahun, Bea dan Cukai menggagalkan 11 kasus penyelundupan pakaian bekas sepanjang tahun 2009. Total, ada 17.775 bal atau setara dengan 4,5 juta helai pakaian bekas yang disita. Pakaian bekas itu bernilai Rp 18 miliar.

Kendati demikian, perdagangan pakaian bekas masih marak di sejumlah pasar di Indonesia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.