Sandiaga Uno: Oom Willem Bapak Profesional Bisnis

Kompas.com - 03/04/2010, 15:30 WIB
Editormade

JAKARTA, KOMPAS.com — Pengusaha Sandiaga Uno melayat William Soeryadjaya ke Rumah Duka RSPAD Gatot Soebroto, Sabtu (3/4/2010). Kedatangan Sandi, begitu biasa dipanggil, hanya berselang sebentar dari kedatangan Aburizal Bakrie. Sandi juga mengungkapkan rasa dukacita atas meninggalnya William Soeryadjaya.

Putra dari Mien Uno ini mengaku kehilangan sosok mentor yang sudah dikenalnya selama 21 tahun. Menurut Sandi, Oom Willem merupakan seseorang yang sangat inspiratif dan tidak hanya menikmati keuntungan sendiri. "Saya bisa bilang bahwa beliau adalah bapak profesional bisnis," ungkap Sandi ketika dijumpai di Rumah Duka RSPAD Gatot Soebroto.

Menurut Sandi, sosok seperti Oom Willem sangat jarang sekali ditemukan. "Bahkan, saya rasa sepanjang sejarah belum ada seorang pengusaha seperti beliau. Beliau rela menutupi kesalahan yang tidak diperbuatnya. Hal ini mengacu pada kejadian Bank Summa pada tahun 1992," ujar Sandi.

Pada tahun 1992, Oom Willem menjual 100 juta sahamnya untuk mengganti uang deposan kecil di Bank Summa milik anak tertuanya, Edward Soeryadjaya. "Saya berharap mudah-mudahan sosok beliau yang ulet, pekerja keras, ramah, dan cinta negara dapat menginspirasi para pengusaha muda," imbuh Sandi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.