Listrik Naik, Subsidi Tetap Dikucurkan

Kompas.com - 24/08/2010, 16:01 WIB
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com — Pemerintah akan tetap menaikkan tarif dasar listrik karena anggaran subsidi berkurang. Namun, Menteri Keuangan Agus Martowardojo memastikan kenaikan tarif sentrum itu tidak akan memberatkan masyarakat kecil karena masih ada subsidi.

Catatan saja, pemerintah akan memotong anggaran subsidi pada 2011 menjadi Rp 184,8 triliun. Jumlah ini turun Rp 16,5 triliun dari tahun 2010 yang mencapai Rp 201,3 triliun. "Subsidi harus dikurangi karena ada banyak yang tidak tepat sasaran," kata Agus seusai mengikuti sidang paripurna pandangan umum fraksi atas Nota Keuangan dan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) 2011, Selasa (24/8/2010).

Dia mencontohkan warga kalangan atas yang turut menikmati subsidi listrik dan bahan bakar minyak. "Makanya, meski anggaran berkurang, subsidi akan dikelola dengan baik agar tepat sasaran," kata Agus.

Caranya, pemerintah akan memperbanyak subsidi langsung ke masyarakat miskin. Bentuknya seperti bantuan tunai langsung. "Subsidi langsung ini akan lebih efektif," ucap Agus.

Hanya saja, untuk 2011 nanti, sistemnya belum pasti. Sebab, pemerintah akan mempertimbangkan ketersediaan penerimaan negara.

Tahun 2011, diperkirakan penerimaan negara mencapai Rp 1.086,4 triliun. Namun, dari jumlah itu, 30 persen sudah terpotong untuk anggaran subsidi dan pembayaran beban utang. "Kalau anggaran subsidi tidak dipotong, anggaran untuk pembangunan akan berkurang juga," tandas Agus. (Kontan/Adi Wikanto)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.