Bank China Kucurkan 250 Juta Dollar AS

Kompas.com - 21/10/2010, 08:30 WIB
EditorErlangga Djumena

BEIJING, KOMPAS.com  - Industrial and Commercial Bank of China atau ICBC segera mengucurkan dukungan dana senilai 250 juta dollar AS untuk peningkatan kerjasama perdagangan, investasi dan keuangan antara China dengan Indonesia.

Komitmen pendanaan itu disampaikan Ketua Dewan Direktur dan Direktur Eksekutif Bank Ekspor Impor (BEI) I Made Gde Erata, seusai menandatangani perjanjian kerjasama bagi peningkatan kerjasama di bidang perdagangan, investasi dan keuangan dengan ICBC, di Balai Agung Rakyat China, yang dekat dengan Lapangan Tiananmen, Beijing, China, Rabu (20/10/2010) malam.

Penandatangan perjanjian tersebut, disaksikan oleh Wakil Presiden Boediono dan Wakil Presiden China Xi Jinping, yang dilanjutkan dengan jamuan makan malam yang diselenggarakan Presiden Xi Jinping.

"Komitmen 250 juta dollar AS merupakan tahap kedua setelah penandatangan perjanjian tahap pertama dengan ICBC sebesar 100 juta dollar AS," ujar Erata.

Menurut Erata, perjanjian itu meliputi perdagangan produk mekanikal dan elektronik, proyek infrastruktur, proyek konstruksi, pengembangan UMKM dan penyediaan pinjaman untuk proyek yanng terkait kerjasama China Indonesia.

"Dengan perjanjian itu, tingkat bunganya rendah atau di bawah 10 persen, grass period-nya lebih lama  lagi. Akan tetapi, ini akan dibicarakan lagi," komentar Menteri Perdagangan Mari Elka Pangestu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.