Pengangguran Turun Sedikit

Kompas.com - 02/12/2010, 15:42 WIB
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com - Badan Pusat Statistik (BPS) menilai angka pengangguran terbuka turun tidak signifikan. Pasalnya, pertumbuhan ekonomi hanya sekitar 6 persen saja.

BPS mencatat, tingkat pengangguran terbuka pada Agustus lalu mencapai 7,14 persen. Angka ini turun sedikit dari tingkat pengangguran terbukat Februari 2010 lalu yang sebesar 7,41 persen.

Sementara, jumlah angkatan kerja pada Agustus lalu mencapai 116,5 juta orang. Angka ini bertambah sekitar 530.000 orang jika dibandingkan angkatan kerja Februari lalu yang sebesar 116 juta orang. Sementara, jumlah angkatan kerja Agustus 2009 lalu sebesar 113,8 juta orang.

Kepala BPS Rusman Heriawan mengatakan, bila pertumbuhan ekonomi lebih tinggi maka lapangan pekerjaan akan lebih banyak. "Makin berkurang pengangguran," kata Rusman, kemarin (1/12/2010).

Dalam setahun terakhir, hampir semua sektor mengalami kenaikan jumlah pekerja. Tapi, untuk sektor pertanian dan transportasi, pergudangan dan komunikasi, masing-masing mengalami penurunan jumlah pekerja sekitar 117 ribu orang atau 0,28 persen dan 500.000 orang atau 8,16persen. “Sektor pertanian, perdagangan, jasa kemasyarakatan dan industri secara berurutan menjadi penyumbang terbesar penyerapan tenaga kerja pada bulan Agustus 2010,” tandasnya. (Irma Yani/Kontan)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.