Menkeu: Peringkat Indonesia Layak Naik

Kompas.com - 03/12/2010, 11:05 WIB
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com - Moody's Investor Service berencana meningkatkan peringkat Indonesia. Menanggapi rencana itu, Menteri Keuangan, Agus Martowardojo, menyatakan, peringkat Indonesia memang layak naik lantaran kinerja ekonomi saat ini berjalan baik

Agus menilai, kinerja ekonomi mulai meningkat setelah krisis global usai. Oleh sebab itu, kata Agus, jika Moody's meningkatkan rating Indonesia, pemerintah akan menyambut baik dan bersyukur.

Menurut Agus, kinerja ekonomi yang baik itu tampak dalam balance of payment atau neraca pembayaran dan balance of trade atau neraca perdagangan. Cadangan devisa juga terus meningkat. Posisi cadangan devisa saat ini telah mencapai 93 miliar dollar AS.

Selain itu, kata Agus, pengendalian inflasi serta upaya mengelola subsidi juga bisa menjadi faktor mendorong kenaikan peringkat itu. "Itu sudah merupakan kondisi awal bagi kita untuk bisa menerima kenaikan rating," ujar Agus usai sidang kabinet paripurna di kantor Presiden, Kamis (2/12/2010).

Sekadar catatan saja, sebelumnya, Moody's telah menetapkan peringkat surat utang Indonesia di level Ba2. Posisi ini hanya berada dua level dibawah peringkat layak investasi atau investment grade.

Agus menambahkan, apabila Indonesia bisa masuk ke level invesment grade, yield untuk surat utang negara menjadi lebih rendah. Dengan kata lain, jika kembali menerbitkan surat utang, bunga yang harus kita bayar semakin murah. (Hans Henricus/Kontan)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.