Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PepsiCo Beli Perusahaan Susu Rusia

Kompas.com - 03/12/2010, 13:59 WIB

RUSIA, KOMPAS.com - Produsen minuman ringan PepsiCo membeli 66 persen saham perusahaan pembuat susu dan minuman buah asal Rusia, Wimm-Bill-Dann, senilai 3,8 miliar dollar AS.

PepsiCo juga menyebut akan membeli sisa saham Wimm-Bill-Dann jika kesepakatan awal ini sudah terselesaikan. Kesepakatan ini merupakan investasi asing terbesar PepsiCo di Rusia, di luar sektor energi.

"Wimm-Bill-Dann adalah bisnis yang luar biasa dengan peluang yang signifikan," ujar Zein Abdalla dari PepsiCo Eropa.

Dengan cara ini, PepsiCo akan menjadi perusahaan makanan dan minuman terbesar di Rusia. Sekaligus menjadikannya pemimpin pasar di negara yang bisnis susunya berkembang pesat itu, serta membangun posisinya di pasar utama di kawasan Eropa Timur dan Asia Tengah.

Selanjutnya, dengan kesepakatan pembelian saham itu PepsiCo berharap pendapatan tahunan meningkat hingga 13 miliar dollar AS. Cara ini juga sebagai jalan untuk mencapai tujuan strategisnya yaitu membangun bisnis gizi senilai 30 miliar dollar AS pada 2020.

Kepala Wimm-Bill-Dann, Sergei Plastinin, juga menyatakan kesepakatan itu sebagai salah satu yang bersejarah bagi kedua perusahaan dan negara. Kesepakatan tercapai setelah tiga minggu proses negosiasi.

"Wimm-Bill-Dann dimulai 18 tahun yang lalu dengan beberapa karyawan yang berbasis di satu ruangan. Hari ini kami memiliki lebih dari 16.000 orang dan 38 fasilitas produksi," kata Sergei. (Dupla Kartini/Kontan)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com