Dollar Keok terhadap Mata Uang Utama Dunia

Kompas.com - 01/03/2011, 07:30 WIB
EditorErlangga Djumena

NEW YORK, KOMPAS.com — Dollar Amerika Serikat keok tadi malam waktu setempat terhadap enam mata uang dunia. Bahkan, pelemahan dollar AS merupakan yang terbesar sejak November lalu.

Data Bloomberg menunjukkan, IntercontinentalExchange Inc's Dollar Index, yang mengukur kekuatan dollar AS atas enam mata uang utama dunia, mengalami penurunan sebesar 0,7 persen menjadi 76,756. Ini merupakan level terendah sejak 9 November 2010. Pada pukul 16.27 waktu New York, dollar AS berada di posisi 76,904.

Sementara itu, euro menguat untuk pertama kali dalam tiga hari terhadap sejumlah mata uang. Penguatan euro atas dollar AS disebabkan adanya spekulasi bahwa Presiden European Central Bank (ECB) Jean-Claude Trichet kemungkinan mengindikasikan untuk menaikkan suku bunga acuannya pada minggu ini. Sementara unsur pimpinan The Federal Reserve memberikan sinyal akan terus menggelontorkan stimulus perekonomian.

Sepanjang tahun ini, euro sudah menguat 1,3 persen, sedangkan dollar AS sudah melemah 2,2 persen. ECB dijadwalkan akan menggelar pertemuan pada 3 Maret 2011. Sementara pertemuan The Fed akan digelar pada 2 Maret 2011. (Barratut Taqiyyah/Kontan)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.