Tembus Rekor Baru, Emas Makin Mahal

Kompas.com - 02/03/2011, 07:17 WIB
EditorErlangga Djumena

NEW YORK, KOMPAS.com — Kontrak harga emas menembus rekor baru di New York pada posisi 1.435,60 dollar AS per troy ounce (1 troy ounce = sekitar 31,1 gram). Rupanya ketegangan di Libya mendongkrak permintaan emas sebagai investasi alternatif.

Asal tahu saja, kontrak harga emas untuk pengantaran April menembus rekor tertinggi sepanjang sejarah setelah penutupan pasar Comex New York. Pada pukul 13.49 waktu New York, harga emas bertengger dengan kenaikan 21,30 dollar AS atau 1,5 persen sehingga berada di posisi 1.431,20 dollar AS. Rekor sebelumnya berada di posisi 1.432,50 dollar AS per troy ounce.

Sementara itu, kontrak harga emas untuk pengantaran terkini naik 1,7 persen ke rekor tertinggi sepanjang sejarah ke posisi 1.434,93 dollar AS. Pada 16.01 waktu New York, harga emas naik 1,6 persen menjadi 1.434,27 dollar AS.

Saat ini, ketegangan politik di Libya kian menjadi-jadi. Situasi terakhir, pihak oposisi Libya mendapat dukungan dari AS dan negara Eropa setelah Moammar Khadafi mengirim pasukan untuk merebut kembali daerah-daerah yang dikuasai demonstran.

"Kekerasan yang terus berlangsung di Timur Tengah mendorong banyak investor membeli emas. Hal ini mendorong harga emas menembus level baru," jelas Frank McGhee, head dealer Integrated Brokerage Services LLC di Chicago. Dia menambahkan, saat ini pemulihan ekonomi dunia tersendat. Melonjaknya harga minyak di atas level 100 dollar AS akan mendorong pemerintah kembali menggelontorkan uang ke dalam sistem finansial. "Saya cemas stagflasi akan terjadi lagi," kata McGhee. (Barratut Taqiyyah/Kontan)

-------------------------------------------------------------

Baca juga: Investasi Bukan Tergantung Pendapatan

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.