KA Ekonomi AC Gajah Wong Diluncurkan

Kompas.com - 15/08/2011, 15:07 WIB
EditorRobert Adhi Kusumaputra

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perhubungan merencanakan peresmian Kereta Ekonomi AC Gajah Wong, pada hari Rabu (24/8/2011). Kereta baru pesanan Ditjen Perkeretaapian ini diharapkan dapat membantu angkutan kereta mudik.

Demikian dikatakan Humas Ditjen Perkeretaapian Kemenhub, Muhartono, Senin (15/8/2011) saat dihubungi. "Selanjutnya, kereta baru itu akan dioperasikan oleh PT Kereta Api Indonesia," kata Muhartono.

Rangkaian kereta api ini akan melayani lintas Stasiun Pasar Senen-Lempuyangan (Yogyakarta). Satu kali perjalanan kapasitasnya mencapai 800 orang dengan toleransi 50 persen dari kapasitas.

Satu rangkaian terdiri dari 10 kereta, di mana setiap kereta dapat mengangkut 80 orang. KA Ekonomi AC Gajah Wong merupakan kereta ekonomi AC kedua yang dipesan oleh pemerintah dengan dana APBN 2010.

Pada musim Lebaran tahun 2010, telah diluncurkan KA Ekonomi AC Bogowonto. Keduanya, diproduksi oleh PT Industri Kereta Api (INKA) di Madiun.

Pemerintah memang bertekad mengganti seluruh kereta ekonomi dengan rangkaian kereta berpendingin ruangan. Hanya saja karena dana terbatas, hanya dapat diluncurkan satu rangkaian kereta per tahun. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.