PLN Bangun PLTA Jatigede

Kompas.com - 15/12/2011, 17:11 WIB
|
EditorMarcus Suprihadi

JAKARTA, KOMPAS.com- PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) berencana membangun Pusat Listrik Tenaga Air (PLTA) Jatigede berkapasitas 2 X 55 MW. Hal ini menindaklanjuti kesepakatan kerjasama pembangunan dan pengelolaan PLTA Jatigede antara PLN dan Kementerian Pekerjaan Umum.

Manajer Senior Komunikasi Korporat PT PLN Bambang Dwiyanto menyampaikan hal itu dalam siaran pers, Kamis (15/11/2011), di Jakarta. Penandatanganan kesepakatan PLN dan Kementerian PU dilakukan kemarin di kantor Kementrian PU.

PLTA Jatigede berlokasi di desa Cijeunjing, Jatigede, Sumedang, Jawa Barat. PLTA ini memiliki wilayah tangkapan air dari Sungai Cimanuk. Pihak Kementrian PU bertugas dalam pembangunan dan pengelolaan bendungan, termasuk waduk PLTA Jatigede.

Sedangkan PLN bertugas membangun dan mengelola operasional PLTA Jatigede. Pembangunan PLTA Jatigede akan meliputi gedung pembangkit (power house), berikut dengan saluran pembawa air (water ways), tangki pendatar air (surge tank), pipa pesat (penstock), saluran buang (tailrace), bangunan transmisi, jaringan transmisi serta bangunan penunjang lainnya.

"Listrik yang dihasilkan PLTA Jatigede akan masuk ke dalam sistim transmisi 150 kV Jawa Bali," kata Bambang menambahkan.

Selain untuk keperluan pengembangan PLTA, pembangunan bendungan Jatigede juga dimanfaatkan untuk melayani kebutuhan irigasi seluas 90 hektar dan upaya pengendalian banjir untuk dareah Pantura, terutama antara kota Cirebon dan Indramayu.

Saat ini, PLN secara intensif masih mempersiapkan kelengkapan administratif dan teknis yang dibutuhkan untuk pembangunan PLTA yang diperkirakan akan menyerap dana sekitar 224,4 Juta dollar AS.

Salah satu tahapan yang disiapkan adalah proses tender untuk kontraktor pelaksana pembangunan PLTA Jatigede. PLTA Jatigede diharapkan sudah dapat menyuplai pasokan listrik ke dalam sistem kelistrikan Jawa Bali pada tahun 2015.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.