Indonesia Tak Tertarik Bank Pembangunan BRICS

Kompas.com - 30/03/2012, 23:08 WIB
|
EditorRobert Adhi Ksp

JAKARTA, KOMPAS.com -  Negara-negara BRICS sepakat membentuk bank pembangunan bersama-sama. Bank pembangunan itu akan membantu pengembangan mereka beserta negara-negara miskin.

Lima negara berkembang yang tergabung dalam BRICS itu adalah Brazil, Rusia, India, China, dan Afrika Selatan. Bank pembangunan itu akan menjadi semacam saingan bank dunia atau bank pembangunan Asia.

Bank Indonesia sepertinya tak tertarik untuk menjajaki kemungkinan bergabung dengan bank pembangunan bentukan BRICS itu. Gubernur Bank Indonesia Darmin Nasution yang dimintai komentarnya soal bank pembangunan tersebut, malah balik bertanya.

"Mereka mau memajukan sendiri-sendiri atau bersama-sama?" tanya Darmin di Jakarta, Jumat (30/3). Saat ditanya, apakah Indonesia -sebagai negara berkembang- tertarik bergabung, Darmin menjawab,"Biar mereka saja lah." 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.