Mari: Lotte Tak Bisa Bisnis Bioskop di Indonesia

Kompas.com - 23/05/2012, 14:58 WIB
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com — Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Mari Elka Pangestu kembali menegaskan, bisnis bioskop masih tertutup untuk investor asing, termasuk bagi Lotte Group yang pernah menyatakan niat mendirikan 100 bioskop di Indonesia.

"Kalau Lotte mau masuk, ya tetap tidak bisa. Dalam arti peraturannya masih demikian, negatif," katanya kepada Kontan, Rabu (23/5/2012). Dalam aturan, bisnis bioskop masuk ke dalam daftar negatif investasi (DNI).

Aturan tentang DNI ini tertuang dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 36 Tahun 2010 tentang Daftar Bidang Usaha yang Tertutup dan Terbuka bagi Penanaman Modal Asing. Dalam Perpres ini, bioskop tertutup bagi investor asing.

Pemerintah sendiri berencana merevisi peraturan yang kondang ini dengan DNI itu. Dalam revisi ini, porsi investasi asing di sektor bioskop akan diperbesar. Namun, sampai saat ini belum ada kejelasannya.

Perlu diketahui, Lotte Group asal Korea Selatan berencana membuka 100 unit bioskop di Indonesia tahun depan. Bahkan, Lotte Group telah melakukan pertemuan dengan Pemerintah sejak tahun lalu.

Lotte tertarik membuka bioskop di Indonesia karena jumlah penduduk Indonesia yang sangat besar, terutama dari kelas menengah yang terus tumbuh. Apalagi, dari 525 kota dan kabupaten di Indonesia, baru 55 kota atau daerah yang memiliki bioskop.

Saat ini jumlah bioskop di Indonesia sebanyak 172, dengan 676 layar. Jumlah penonton tahun 2011 mencapai 50 juta orang.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.