Kompas.com - 17/06/2012, 04:39 WIB
Penulis Dimasyq Ozal
|
EditorReza Wahyudi

BOGOR, KOMPAS.com - Pihak Direktorat Jenderal Bea dan Cukai akan melakukan inspeksi terhadap bank yang berada di pelabuhan Makasar mulai Senin (18/6/2012).

Hal ini dilakukan guna melihat seberapa banyak bank di sana, terutama bank-bank BUMN, yang tetap buka pada Sabtu dan Minggu.

Pasalnya, selain di Pelabuhan Tanjung Priok, banyak bank terutama bank BUMN di pelabuhan yang menutup jam operasionalnya pada hari libur.

"Sepulangnya ke Jakarta (bila banyak yang tutup), kita akan hubungi Direktorat Kebendaharaan Kemenkeu RI untuk mencari solusi permasalahan ini," kata Direktur Teknis Direktorat Jenderal Bea Cukai, Heri Kristiono pada diskusi bersama wartawan di Hotel Aston Bogor, Sabtu (16/6/2012 ).

Hari mengatakan, tutupnya perbankan di pelabuhan pada Sabtu-Minggu membuat aktivitas ekspor jadi terganggu. Hal ini disebabkan, eksportir belum bisa mengekspor barangnya bila belum membayar bea masuknya.

"Bea cukainya mau buka 24 jam 7 hari, supplier-nya 24 jam, kalau perbankannya tidak mau 24 jam, maka integritasnya pun macet," ungkap Heri.

Tapi tidak bisa dipungkiri juga, kata Heri, banyak bank yang hanya buka pada hari kerja Senin-Jumat dan 8 jam kerja pada umumnya. "Makanya, kita sedang memproses dengan apakah nantinya ada peraturan, yakni kalau traksaksi selesai semua, maka bank tutup," tutur Heri.

Alasan biaya operasional, lanjut Heri, membuat bank di pelabuhan enggan buka pada hari libur

"Karena begini, bank itu kalau tidak banyak customer yang datang (pada Sabtu-Minggu), mereka merasa rugi, ongkosnya terlalu mahal," tutur Heri.

Heri mengemukakan, normalnya proses pemuatan barang ekspor ke kapal pengangkut, biasanya terjadi pada Senin-Kamis. Lalu hari Jumatnya, kapal mulai berangkat mengangkut barang ekspor tersebut.

Namun lanjut Heri, masalah pun terkadang timbul. Mulai dari cuaca hingga infastruktur yang membuat kapal tersebut telat bersandar di pelabuhan. Hal inilah yang terkadang, banyak transaksi dilakukan pada hari libur.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.