Kompas.com - 02/07/2012, 14:26 WIB
Penulis Dimasyq Ozal
|
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com -  BUMN di bidang asuransi, PT Asuransi Ekspor Indonesia (ASEI) memutuskan terjun ke bisnis asuransi syariah. Hal ini ditandai dengan launching asuransi syariah ASEI di Graha ASEI, Jakarta, Senin ( 2/7/2012 ).

"Kesepakatan ini merupakan sinergi dari BUMN untuk memperkuat asuransi khususnya di bidang syariah," kata Dirut ASEI Zaafril Razief, pada sambutannya di launching tersebut.

Zaafril mengatakan, untuk sisa tahun 2012 ini, ASEI syariah menargetkan premi sebesar Rp 6 miliar. Pada tahap awal, ASEI Syariah akan menjual produk asusransi umum. Lalu ke depannya, juga akan menambah bisnis asuransi pembiayaan syariah.

Zaafril mengungkapkan, ASEI memiliki pengalaman di bidang asuransi kredit. Hal itu yang menjadi kebutuhan perbankan syariah terhadap penjaminan yang diberikan. "Kesepakatan ini merupakan sinergi dari BUMN untuk memperkuat bisnis asuransi. Tahun depan, target kita ASEI akan berkompetisi dengan perusahaan asuransi lainnya yang memiliki aset di atas Rp  750 miliar ke atas," ujarnya.

Sebelumnya, ASEI hanya menjalankan asuransi konvensional melalu empat lini usaha, yakni asuransi umum, asuransi kredit, surety ship, dan asuransi ekspor.

Adapun ekuitas awal ASEI syariah sebesar Rp 25,87 miliar. Ini sesuai dengan persyaratan pada PP 81/2008 sebesar minimal Rp 25 miliar. Pengajuan izin unit usaha syariah ASEI pun sudah diajukan ke Kemenkeu pada 8 November 2011 lalu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.