Kompas.com - 05/07/2012, 19:59 WIB
Penulis Dimasyq Ozal
|
EditorTri Wahono

JAKARTA, KOMPAS.com - Guru Besar FEUI yang juga penggiat Rumah Perubahan di bidang kewirausahaan, Rhenald Kasali meluncurkan buku terbarunya berjudul "Cracking Entrepreneur" di Gedung WTC, Jakarta, Kamis (5/7/2012).

 

Buku tersebut berisi kumpulan kisah-kisah inspiratif mengenai jatuh bangun dari para pengusaha "cracking" pilihan. Baginya, istilah pengusaha cracking, ialah para pengusaha yang awalnya bukan dari kalangan keluarga pengusaha, namun mereka nekat keluar dari kebiasaan-kebiasaan masyarakat umumnya.

 

"Kita punya mitos bahwa orang Indonesia punya suatu mitos bahwa tidak bisa berbisnis dan kurang perhatian terhadap jalur hidup di bisnis. Kenapa kurang, salah satunya karena sistem kita, yakni keluarga besar. Umur 25-40 tahun masih tinggal di rumah orang tua dan numpang hidup hingga tunggu warisan. Harusnya mereka bisa merantau dan keluar sehingga nantinya mereka berhasil," tuturnya.

 

Pengusaha craking, lanjut Rhenald, juga merupakan para pengusaha yang bukan hanya memperbarui produk yang telah ada, tapi juga melakukan inovasi kreatif dalam dunia industri.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

 

Buku terbitan Kompas Gramedia tersebut merupakan hasil pengamatan atau reportase Rhenald Kasali terhadap beberapa pengusaha yang dianggapnya pantas menyandang predikat 'Cracking Entrepreneur'.

 

Salah satunya, ada kisah Haji Sanin yang dulunya seorang tukang becak, namun kini menjadi pengusaha garam yang pendapatan per tahunnya mencapai Rp 400 juta.

Lalu, Kiki Gumilar, dulu pengajar, kini pengusaha makanan. Dari tangan Kiki, dodol yang biasanya dianggap makanan tradisional, diubahnya menjadi makanan yang bisa dinikamti oleh masyarakat semua golongan, seperti diolah dengan cokelat, keju, dan lainnya. Dan masih banyak lagi kisah sukses para pengusaha cracker lainnya.

 

Buku terbarunya ini sebetulnya masih ada kaitannya dengan buku Rhenald sebelumnya, yakni "Cracking Zone". Buku yang mencoba mengangkat cerita-cerita munculnya para pelaku usaha pada industri baru, seperti industri IT. Dan akhirnya menjadi produk yang terkenal, seperti kisah seorang crackers, Hasnul Suhaimi, CEO XL, yang dinilai telah memperbaharui industri telekomunikasi Indonesia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.