Kompas.com - 23/07/2012, 14:25 WIB
|
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com — Menteri BUMN Dahlan Iskan memang sudah enam hari melakukan uji coba mobil listrik berkonsep city car buatan Dasep Ahmadi, mantan karyawan PT Pindad. Namun, sebentar lagi, Dahlan akan memamerkan mobil listrik dengan desain "sekelas Ferrari".

Rencananya, selepas rapat koordinasi dengan Menteri Perekonomian tentang mobil listrik siang ini, Dahlan Iskan akan langsung menuju DI Yogyakarta untuk melihat perkembangan pembuatan mobil listrik 'sekelas Ferrari' tersebut. "Sekarang masih dibuat. Tiga minggu lagi akan saya ambil di Yogyakarta," kata Dahlan di Kantor Kementerian BUMN Jakarta, Senin (23/7/2012).

Dalam perjalanannya ke Yogyakarta, Dahlan memang ingin mengunjungi pabrik mobil listrik dengan desain mirip mobil Ferrari. Mobil tersebut juga dibuat dengan warna ngejreng, yaitu merah. Beda dengan mobil listrik buatan Ahmadi yang berwarna hijau dan dengan teknologi yang standar, mobil listrik "sekelas Ferrari" ini akan memiliki sejumlah fitur teknologi kelas atas (high end).

Namun terkait nama mobil listrik terbaru ini, Dahlan enggan berspekulasi. Rencananya, mobil listrik ini akan diberikan nama oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono secara langsung. "Jangan Ferrari namanya, nanti yang punya Ferrari marah. Yang penting mobil high end," katanya.

Sekadar catatan, mobil listrik sekelas Ferrari ini memang dibanderol cukup mahal, yaitu Rp 1,5 miliar per unit. Sampai saat ini sudah 40 unit dipesan, termasuk pesanan milik Presiden SBY.

Mobil listrik di Yogyakarta ini dirakit oleh Danet Suryatama. Insinyur lulusan ITS dengan gelar doktor dari Michigan, AS, ini sudah lebih 10 tahun menjadi engineer di pabrik mobil AS. Saat ini, prototipe mobil listrik sport itu sudah dibuat. Prototipe mobil listrik itu akan diperkenalkan pada Agustus mendatang dan mulai diproduksi secara massal pada awal 2013.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca tentang


    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.