Kompas.com - 23/07/2012, 23:06 WIB
|
EditorI Made Asdhiana

JAKARTA, KOMPAS.com — Pertumbuhan ekonomi Indonesia diperkirakan akan menyusul India. Dengan demikian, Indonesia juga berpeluang untuk masuk negara BRICS. Ekonom Standard Chartered Bank, Fauzi Ichsan, menjelaskan, BRICS merupakan negara-negara dengan pertumbuhan ekonomi tercepat. Negara tersebut adalah Brasil, Rusia, India, China, dan Afrika Selatan.

"Untuk menggantikan India di BRICS, mungkin tidak. Tapi Indonesia masih berpeluang untuk mendekati pertumbuhan ekonomi India," kata Fauzi selepas ramah tamah OJK dengan industri perbankan dan multifinance di Lobi Menara Radius Prawiro Gedung A Bank Indonesia Jakarta, Senin (23/7/2012).

Untuk menjadi negara yang masuk BRICS, negara tersebut harus memiliki pendapatan domestik bruto (GDP) di atas 1 triliun dollar AS. Padahal, GDP Indonesia saat ini baru 940 miliar dollar AS. Saat ini, pertumbuhan ekonomi India sebesar 6,2 persen. Nilai tersebut masih lebih tinggi dibanding pertumbuhan ekonomi global yang hanya 2,5 persen pada akhir 2012.

Sementara Bank Indonesia (BI) memperkirakan target pertumbuhan ekonomi nasional sekitar 6,3 persen. Sedangkan Goldman Sach memperkirakan Indonesia hanya akan tumbuh 5,4 persen.

"Pertumbuhan ekonomi Indonesia cepat, neraca ekonomi juga sehat. Indonesia berpotensi menyusul India dalam dua tahun ke depan," jelasnya.

Sekadar catatan, BRICS merupakan singkatan dari lima negara di dunia dengan pertumbuhan ekonomi tercepat. BRICS dicetuskan oleh Goldman Sach pada 2011. Menurut Goldman Sach, gabungan pertumbuhan ekonomi di lima negara ini akan mampu menyaingi ekonomi negara maju pada 2050 mendatang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.