Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kemenperin Siapkan Proyek Pabrik Gula Rp 40 Triliun

Kompas.com - 14/08/2012, 15:22 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perindustrian berusaha mendorong investasi pembangunan pabrik baru menyeluruh di luar Pulau Jawa. Kali ini, sedikitnya 20 investor lokal disiapkan untuk membangun pabrik gula baru dengan potensi investasi mencapai Rp 40 triliun.

Menteri Perindustrian MS Hidayat mengatakan, persiapan tengah dilakukan dengan mengajak pengusaha lokal. "Besok (hari ini) saya rapat membahas masalah ini. Salah satu kendala utamanya adalah kesiapan lahan," komentar Hidayat di rumah pribadinya, Jakarta Selatan, Senin (13/8/2012) malam.

Dijelaskan, upaya ini dilakukan untuk pemerataan industri ke luar Pulau Jawa. Sedangkan gula dipilih, karena mayoritas produksi gula putih nasional terkonsentrasi paling banyak di pulau paling padat penduduknya.

"Saya sudah mengajak para pengusaha, salah satunya Pak Prajogo (Pangestu) pada dasarnya mereka menyambut baik, sudah ada 20 (pengusaha). Mereka siap investasi rata-rata Rp 1,5-2 triliun untuk (pabrik) gula," papar Hidayat. Sayang, Hidayat belum mau menjelaskan lebih lanjut terkait rencana ini.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com