Kompas.com - 16/08/2012, 20:56 WIB
Penulis Sandro Gatra
|
EditorTri Wahono

JAKARTA, KOMPAS.com - Kemalasan anggota Dewan Perwakilan Rakyat menghadiri rapat kembali terjadi dalam rapat paripurna DPR pembukaan masa persidangan I Tahun Sidang 2012-2013 di Gedung Nusantara I di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Kamis ( 16/8/2012 ) malam. Sebanyak 136 dari 560 anggota Dewan tak hadir dalam rapat.

Padahal, rapat itu juga mengagendakan pidato Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengenai Rancangan APBN 2013 dan nota keuangannya. Ketua DPR Marzuki Alie juga menyampaikan pidato pembukaan masa sidang.

Berdasarkan daftar hadir di depan ruang rapat ketika dibuka pukul 20.00 WIB, anggota Fraksi Demokrat yang hadir, yakni 134 dari 148 anggota. Fraksi lain yakni, Golkar (75 dari 106 anggota),PDI Perjuangan (69 dari 94 anggota), Partai Keadilan Sejahtera (42 dari 57 anggota), Partai Amanat Nasional (34 dari 46), Partai Gerindra (16 dari 43 anggota), Partai Persatuan Pembangunan (30 dari 38 anggota), Partai Kebangkitan Bangsa (15 dari 28 anggota), dan Hanura (9 dari 17 anggota).

Sebelumnya, Wakil Ketua DPR Priyo Budi Santoso mengatakan, pimpinan DPR telah menghimbau kepada pimpinan fraksi agar menginstruksikan seluruh anggota Dewan untuk hadir dalam rapat. Pasalnya, rapat paripurna kali ini berbeda dengan rapat biasanya lantaran Presiden menyampaikan pidato.

Seperti diberitakan, praktek selama ini anggota Dewan kerap hanya tandatangan daftar kehadiran lalu meninggalkan ruang paripurna. Adapula yang menitip presensi ke staf ahli atau asisten pribadinya. Praktek itu terus berulang lantaran sistem presensi dengan finger print belum terealisasi.

Pemandangan itu diperkirakan bakal semakin parah menjelang pemilu 2014 . Pasalnya, dengan sistem pemilu proporsional terbuka di Undang-Undang Pemilu membuat wakil rakyat yang masih ingin menyandang anggota terhormat di periode 2014-2019 harus lebih sering ke daerah pemilihan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca tentang


    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.