Kompas.com - 29/08/2012, 14:21 WIB
|
EditorTjahja Gunawan Diredja

JAKARTA, KOMPAS.com — Setelah sempat naik saat Lebaran, harga lada saat ini kembali stabil. Harga lada putih Bangka di tingkat pedagang pengumpul di Pasar Pangkal Pinang masih stabil Rp 73.000 per kg. Saat ini penjualan lada dari petani ke pedagang pengumpul terbilang sepi. Kalaupun ada petani yang menjual ladanya, itu hanya dalam jumlah sedikit.

Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi, Rabu (29/8/2012), melaporkan, sebelum Lebaran, harga lada putih sempat naik menjadi Rp 73.000 per kg dari sebelumnya Rp 70.000 per kg. Di Kabupaten Lampung Tengah, Provinsi Lampung, harga Lada Hitam berada pada level Rp 45.000-Rp 50.000 per kilogram.

Tingginya harga lada yang berlangsung sejak menjelang Ramadan 1433 H/2012 M itu antara lain karena permintaan atau pembeli meningkat, sebaliknya produksi sangat terbatas.Sentra kebun lada dan kopi di Provinsi Lampung adalah di Kabupaten Tanggamus, Pesawaran, Lampung Tengah, Lampung Timur, Lampung Utara, Waykanan, dan Kabupaten Lampung Barat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.