Kompas.com - 16/10/2012, 15:15 WIB
|
EditorNasru Alam Aziz

JAKARTA, KOMPAS.com -- Pada penutupan perdagangan di NCDEX (National Commodity and Derivatives Exchange), harga Lada ditutup melemah. Harga lada berjangka untuk penyerahan Oktober 2012 ditutup pada level 43.660 rupee (Rp 7.890.000) per ton dari harga sebelumnya 43.350 rupee (Rp 7.834.000) per ton.

Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi, Selasa (16/10/2012) melaporkan penurunan harga lada dipengaruhi prediksi akan terjadi peningkatan pasokan lada dari Vietnam dan penurunan permintaan ekspor lada India. Di India dan Lampung, harga lada hitam meningkat, sementara di Vietnam, Sarawak, dan Sri Lanka menurun.

Jumlah total produksi lada India selama tahun 2012 diperkirakan mencapai 43.000 ton atau mengalami penurunan produksi pada 2011 sebesar 48.000 ton. Perkiraan penurunan produksi karena cuaca buruk, areal yang lebih rendah dan penurunan produktivitas akibat hama penyakit.

Sementara itu di Lampung, harga lada hitam di Kabupaten Lampung Timur masih bertahan tinggi pada pekan kedua Oktober 2012, yakni pada level harga Rp 45.000 per kilogram. Musim kemarau berdampak pada minimnya pasokan lada akibat penurunan produktivitas.

Berkurangnya pasokan lada juga disebabkan banyak petani yang beralih pada komoditas lain, seperti kakao dan karet yang perawatan tanamannya lebih mudah dibandingkan tanaman lada.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.