Kompas.com - 31/10/2012, 21:33 WIB
|
EditorHindra

JAKARTA, KOMPAS.com — Menteri BUMN Dahlan Iskan menjelaskan, ada satu oknum anggota DPR yang memeras anak usaha BUMN. Tak hanya satu, tetapi lebih dari satu BUMN.

"Pertemuan itu dilakukan satu oknum anggota DPR, tetapi mewakili teman-temannya. Sementara yang diperah itu merupakan perusahaan yang dapat penyertaan modal negara (PMN), ada beberapa," kata Dahlan saat konferensi pers di Warung Berkah Melawai, Jakarta, Rabu (31/10/2012).

Menurut Dahlan, pertemuan itu dilakukan oleh oknum anggota DPR dengan anak usaha BUMN di sebuah kafe di hotel ternama di kawasan Senayan, Jakarta. Teman-teman oknum satu anggota Dewan tersebut dinilai tidak berani mendatangi perusahaan BUMN itu.

Menurut Dahlan, sebagai orang timur, masih ada rasa sungkan untuk mendatangi perusahaan BUMN itu, apalagi secara khusus meminta jatah. "Tapi ternyata anak usaha BUMN yang diperas ini pintar. Dia tidak mau datang sendiri, tapi juga mengajak direksi lainnya," jelasnya.

Dengan demikian, pertemuan oknum anggota Dewan ini bukan dilakukan secara empat mata, melainkan delapan mata. Sayangnya, Dahlan enggan menjelaskan nama perusahaan BUMN tersebut, begitu juga inisial anggota Dewan tersebut.

"Pokoknya saya tidak mau sebut. Kalau DPR mengundang saya, saya akan beberkan di sana," tambahnya.

Sekadar catatan, pada tahun 2013, Kementerian BUMN dan Komisi VI DPR telah sepakat memberikan PMN kepada 7 perusahaan BUMN. Mereka adalah PT Merpati Nusantara Airline, PT PAL Indonesia, PT Dirgantara Indonesia, PT Askrindo, PT Perusahaan Pengelola Aset, PT Geo Dipa Energi, dan PT Permodalan Nasional Madani (PNM).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Anda pasti tahulah, siapa saja yang mendapat PNM itu. Pokoknya BUMN itu lemah sekali, miskin sekali. Saya tidak mau menyebut," ungkapnya.

Baca juga:
Dahlan: Kalau DPR Mendesak, Saya Buka!
DPR Akan Desak Dahlan Sebutkan Anggota Pemeras
Marzuki Dukung Dahlan Sebut Peminta 'Upeti'

Berita terkait dapat diikuti dalam topik:
Dahlan Iskan Versus DPR

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.